search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Ecotourism Dorong Aktivitas Wisata Ramah Lingkungan dan Wisatawan Bertanggung Jawab
Sabtu, 13 Mei 2023, 23:51 WITA Follow
image

beritabali/ist/Ecotourism Dorong Aktivitas Wisata Ramah Lingkungan dan Wisatawan Bertanggung Jawab.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi (KPwBI) Bali, Trisno Nugroho mengatakan sektor pariwisata memegang peranan besar bagi perekonomian Bali. 

Oleh karena itu, kata dia pemulihan ekonomi pasca pandemi menjadi momentum yang tepat bagi Provinsi Bali untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonominya. 

Kebijakan pemulihan sektor pariwisata di Bali melalui pelonggaran izin tinggal dapat berdampak terhadap jumlah wisatawan yang berlebihan. Fenomena tersebut diperparah dengan pelanggaran yang dilakukan wisatawan. 

Apabila tidak ditangani dengan baik, maka eksistensi lingkungan dan budaya Bali dapat terancam. Oleh sebab itu, sektor pariwisata perlu dikelola dengan baik agar eksistensi lingkungan dan budaya Bali tetap lestari. 

"Isu ecotourism sudah selayaknya mendapat perhatian lebih dari pemangku kebijakan dan pelaku usaha pariwisata di Bali. Bank Indonesia bersama Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, terus berupaya mendorong berbagai kebijakan untuk mempercepat pemulihan ekonomi Bali dan program transformasi ekonomi Bali menuju Bali Era Baru yang tangguh, hijau dan sejahtera," papar Trisno.

Baca juga:
Bupati Giri Prasta Komit Jaga Perkembangan Industri Pariwisata Kuta Utara

Sejalan dengan Trisno, G. A. Diah Utari dalam kesempatan tersebut selaku Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali menambahkan, bahwa ecotourism sudah selayaknya mendapat perhatian lebih dari pemangku kebijakan dan pelaku usaha pariwisata di Bali. 

"Ecotourism mendorong aktivitas wisata yang ramah lingkungan dan adanya tanggung jawab dari wisatawan untuk turut menjaga destinasi wisata agar lebih berkelanjutan," tutupnya.

Editor: Robby

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami