search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Jalan Jebol di Kaliakah Jembrana Mulai Perbaikan, Anggaran OP Rp400 Juta
Rabu, 24 Mei 2023, 14:12 WITA Follow
image

beritabali/ist/Jalan Jebol di Kaliakah Jembrana Mulai Perbaikan, Anggaran OP Rp400 Juta.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, JEMBRANA.

Jalan yang mengalami longsor di Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, tepatnya sebelah selatan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Peh, akhirnya mendapatkan perbaikan. 

Proses perbaikan jalan ini dilakukan menggunakan anggaran operasional dan pemeliharaan (OP) sekitar Rp400 juta.

Proses perbaikan jalan yang mengalami longsor telah dimulai beberapa hari yang lalu. Alat berat sudah digunakan untuk menggali bagian bawah jalan yang ambruk, dan material yang diperlukan sudah sebagian terpasang. Meskipun akses jalan masih terbatas hanya untuk kendaraan roda dua, namun tetap dapat digunakan oleh masyarakat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, dan Kawasan Pemukiman Jembrana, I Wayan Sudiarta, menjelaskan bahwa perbaikan jalan yang longsor sudah dimulai dengan anggaran OP. Dari total anggaran OP sebesar Rp900 juta, sekitar Rp 400 juta dialokasikan khusus untuk perbaikan jalan tersebut. 

"Perbaikan jalan sudah dimulai dengan menggunakan anggaran dari paket OP," jelasnya.

Selain menjadi akses utama bagi warga sekitar, jalan yang sedang diperbaiki ini juga merupakan jalan utama yang digunakan oleh kendaraan pengangkut sampah menuju TPA Peh. 

Sejak jalan tersebut mengalami longsor enam bulan yang lalu, truk sampah dialihkan melalui jalan lain. Saat ini, hanya tersisa sekitar 1 meter jalan yang tidak mengalami longsor, yang hanya dapat dilalui oleh kendaraan roda dua.

Selain jalan yang ambrol, terdapat pula jalan di bawahnya yang memiliki gorong-gorong sungai kecil, atau yang dikenal oleh warga sekitar sebagai pangkung di Banjar Pangkung Liplip, Desa Kaliakah, yang nyaris putus. Bagian jalan tersebut juga sudah direncanakan untuk diperbaiki.

Sebelumnya, Sudiarta telah mengungkapkan bahwa timnya telah melakukan pengecekan terhadap jalan yang mengalami ambrol di Banjar Pangkung Liplip dan Banjar Munduk, Desa Kaliakah, Kecamatan Negara. Pengecekan dilakukan untuk mempersiapkan kajian terkait langkah pengamanan terhadap jalan yang mengalami kerusakan tersebut.

Editor: Robby

Reporter: bbn/jbr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami