search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Perbekel Umeanyar Terbaik Nasional Paralegal Academy Award 2023
Sabtu, 3 Juni 2023, 21:08 WITA Follow
image

beritabali/ist/Perbekel Umeanyar Terbaik Nasional Paralegal Academy Award 2023.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, JAKARTA.

Delapan perbekel di Kabupaten Buleleng telah menorehkan hasil optimal dalam pelaksanaan Paralegal Academy Award 2023 yang dilaksanakan Kementrian Hukum dan HAM RI, Mahkamah Agung, Kemendagri dan Kemendes di Hotel Discovery Ancol, Jakarta, 29 Mei – 2 Juni 2023. 

Bahkan Perbekel Desa Umeanyar Putu Edy Mulyana meraih Best Of Three yaitu terbaik ke 2 secara nasional. Selain itu, Perbekel Desa Subuk Ketut Suliada Kusana juga meraih anugerah Non Litigation Peacemaker dan 7 Perbekel lainnya dengan meraih anugrah Paralegal Justice award diantaranya, Perbekel Desa Kubutambahan Gede Pariadnyana, Desa Gobleg I Made Separsa, Desa Baktiseraga Gusti Putu Armada, Desa Kekeran Komang Eva Wahyu Diatmika, Desa Les Gede Adi Wistara dan Desa Pejarakan I Made Astawa termasuk Perbekel Desa Umeanyar Edy Mulyana.

Perbekel Umeanyar Edy Mulyana, Sabtu 3 Juni 2023 memberikan apresiasi atas kegiatan yang dilakukan dengan melibatkan Lurah dan Perbekel Se-Idonesia tersebut dan secara singkat Perbekel Edy Mulyana menceritakan dinobatkan sebagai Best Of Three dalam Paralegal Academy Award 2023.

“Sejak awal, kami berdepalan masuk dari seleksi yang dilakukan Kementrian Hukum dan HAM RI, awalnya 700an, kemudian ada 300 dan saat pemilihan 10 besar, saya masuk kedalamnya kemudian mengikuti proses seleksi hingga dinyatakan berada diperingkat kedua nasional pada Best Of Three,” ujar Edy Mulyana.

Perbekel Desa Baktiseraga Gusti Armada menyebutkan, Paralegal Academy Award 2023 merupakan kegiatan pertama yang dilakukan, selain mendapatkan materi dan juga kompetisi, kegiatan ini memiliki makna khusus dalam mengapresiasi peran lurah dan perbekel untuk menuntaskan permasalahan hukum yang timbul di tempatnya.

“Inti dari kegiatan ini adalah apresiasi pemerintah kepada perbekel dan lurah yang telah banyak berperan sebagai mediator dan juru damai di wilayahnya masing-masing sehingga banyak perkara tidak lanjut sampai ke pengadilan,” ungkap Perbekel Baktiseraga Gusti Armada.

Selain mengikuti kegiatan, para lurah dan perbekel juga di undang  berkunjung Ke Gedung Mahkamah Agung dan di sosialisasikan tugas dan fungsi Mahkamah Agung di republik ini termasuk pada peringatan Hari Lahir Pancasila menghadiri undangan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI untuk mengikuti upacara hari lahir Pancasila bersama Presiden dan Lembaga Negara Lainnya.

Sebelumnya, dinilai mampu menerapkan Restorasi Justice dengan baik dimasing-masing desanya oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Wilayah Bali, sebanyak 8 Perbekel di Buleleng diberikan kesempatan untuk mengikuti kegiatan Paralegal Academy dan Paralegal Justice Award 2023 yang diiniasi oleh Kemenkumham RI melalui Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN).

BPHN mencatat dari total 765 pendaftar, hingga ke tahap seleksi ke 3, terpilih 300 perbekel dan lurah se-Indonesia yang berhak lolos. Untuk di Bali terdaftar 45 perbekel dan lurah yang mengikuti kegiatan, 8 di antaranya dari Kabupaten Buleleng.

Editor: Robby

Reporter: bbn/bul



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami