search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
KRI Teluk Hading 538 Terbakar, Begini Kondisi 119 Prajurit
Sabtu, 3 Juni 2023, 21:48 WITA Follow
image

bbn/Sumber Dinas Penerangan Koarmada I/KRI Teluk Hading 538 Terbakar, Begini Kondisi 119 Prajurit.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Teluk Hading 538 terbakar saat tengah melaksanakan operasi rutin.

"Saat terjadi insiden kebakaran tersebut kapal berjenis Frosch-I/Type 108 ini sedang dalam menjalankan operasi Rutin TNI AL," kata Kepala Dinas Penerangan TNI AL Laksamana Pertama I Made Wira Hady  dalam keterangan resmi.

Ia menjelaskan kapal yang merupakan salah satu unsur KRI jajaran Satuan Lintas Laut Militer 1 Jakarta (Satlinlamil 1 Jakarta) Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) itu mengalami kebakaran kurang lebih pada posisi 05 37 853 LS - 120 37 395 BT atau sekitar 11 NM Timur Selat Selayar atau 7 NM Tg Selatan, Sulawesi Selatan, pada Sabtu (3/6).

Made mengatakan laporan mengenai kejadian kebakaran diterima oleh Basarnas Selayar sekitar pukul 14.15 WITA. Saat terjadinya kebakaran, kata dia, kapal tersebut membawa 119 prajurit.

Ia menuturkan seluruh personel saat ini sudah dievakuasi di TB Bahtera Zalfa yang tengah melintas di Tempat Kejadian Perkara (TKP). Made memastikan hingga kini belum ada laporan terkait adanya korban jiwa.

"Beberapa kapal yang melintas di sekitar TKP saat ini dalam posisi standby untuk memberikan bantuan diantaranya MV. Golden Ace dan MV. Green Wave," ujarnya.

Made menyebut sejumlah unsur TNI AL turut diterjunkan guna menyelamatkan prajurit KRI Teluk Hading 538 di antaranya KRI Escolar-871, KRI Sultan Iskandar Muda (SIM)-367, KRI Sampari-628, KRI Terapang-648 dan KRI Tombak-629.

KRI Teluk Hading 538 saat ini diupayakan untuk ditarik menggunakan kapal tunda menuju daratan terdekat. Kemudian, TNI AL akan menurunkan tim untuk melakukan pemeriksaan penyebab terjadinya kebakaran.

Armada milik TNI AL itu dilaporkan terbakar di antara Perairan Bira, Bulukumba (Sulsel) dengan perairan Kepulauan Selayar, Bulukumba, Sulawesi Selatan pada Sabtu (3/6).

Komandan Pos Basarnas Selayar Andi Raswan Andi Raswan mengaku mendapat laporan sejak pukul 14.00 WITA.

"Ada yang bilang antara Bira sama Selayar (titik kebakaran KRI Teluk Gading 538)," kata Andi, Sabtu (3/6).

Komandan Basarnas Bantaeng Hamka juga turut mendatangi lokasi. Dia mengatakan posisi kapal berada sekitar 8-9 nautical mile (NM) dari Pelabuhan Bira. Sedikitnya ada 3 anggota Basarnas Bantaeng yang diterjunkan ke lokasi. (sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Robby

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami