search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Rusia Siap Kirim Kapal Selam Siluman 'Black Hole' ke Armada Pasifik
Selasa, 6 Juni 2023, 15:38 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Rusia Siap Kirim Kapal Selam Siluman 'Black Hole' ke Armada Pasifik

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Militer Rusia akan mengirimkan salah satu kapal selam siluman canggih terbarunya ke Armada Pasifik dalam beberapa bulan ke depan.

Media pemerintah Rusia, Izvestia, mengungkap kapal selam diesel-listrik Ufa akan bergerak dari Laut Baltik ke Pasifik pada musim gugur atau sekitar Oktober 2023.

Ufa adalah salah satu kapal selam diesel listrik bagian dari Project 636.3, yang disebut-sebut sebagai kapal selam siluman canggih.

Ufa juga dijuluki sebagai "Black Hole" atau lubang hitam, dan diyakini sebagai salah satu kapal selam paling tenang di dunia.

Laporan Izvestia, sebagaimana dikutip Newsweek, menyebut pengerahan kapal selam diesel listrik Ufa penting, karena kawasan Asia Pasifik menjadi arena konfrontasi antara kekuatan besar seperti China dan Amerika Serikat.

Operasi bawah laut Rusia telah menarik perhatian dunia dalam beberapa bulan terakhir. Para pengamat menilai kapal selam Moskow termasuk armada paling tangguh di dunia, sehingga bisa menimbulkan ancaman yang lebih besar bagi negara-negara anggota NATO.

Berbeda dengan Angkatan Laut AS yang hanya mengoperasikan kapal selam bertenaga nuklir, Rusia juga mengerahkan kapal selam bertenaga konvensional untuk operasi bawah laut.

Menurut data Nuclear Threat Initiative (NTI), Rusia saat ini memiliki sekitar 21 kapal selam diesel listrik.

Pada tahun 2016 melalui Project 636.3, Rusia menandatangani kontrak pembuatan enam kapal selam. Dari kontrak ini, kapal selam pertama telah meluncur pada Maret 2019.

November 2022 lalu, Admiralty Shipyards selaku produsen kapal selam Project 636.3 mengatakan kapal keempat, Ufa, telah diterima di Armada Pasifik. Kapal selam kelima dalam seri ini, Mozhaisk, diluncurkan pada akhir April 2023.

Laporan media pemerintah Rusia, TASS, menyebut Armada Laut Hitam Rusia juga memiliki kapal selam Project 636.3 dan secara aktif terlibat dalam operasi militer khusus Rusia di Ukraina.

Dari kapal selam ini, militer Rusia bisa menembakkan rudal jelajah untuk menyerang sasaran.

Kapal selam ini memiliki panjang 240 kaki, dan dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan hingga 20 knot. Kapal selam penyerang diawaki oleh 52 orang awak, dan dilaporkan dapat bertahan di laut selama 45 hari.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami