search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Staf dan Warga Binaan Rutan Negara Disidak, Ini Hasilnya
Jumat, 9 Juni 2023, 15:26 WITA Follow
image

beritabali/ist/Staf dan Warga Binaan Rutan Negara Disidak, Ini Hasilnya.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, JEMBRANA.

Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan (Satopspatnal) Rutan Kelas IIB Negara (Rutan Negara) telah melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) guna mengantisipasi masuknya barang terlarang ke dalam rutan tersebut. 

Inspeksi ini dilakukan terhadap seluruh staff dan warga binaan pada Kamis (08/06/2023) dengan tujuan menjaga keamanan dan ketertiban di dalam rutan.

Kegiatan inspeksi ini dimulai dengan arahan dari Lilik Subagiono, Kepala Rutan Negara, yang memastikan agar seluruh petugas Satopspatnal melakukan pemeriksaan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku. 

"Setiap petugas harus memeriksa dengan teliti badan dan barang bawaannya sebelum memasuki Pintu Utama. Jika terdapat petugas yang kedapatan membawa barang terlarang, segera amankan dan tindaklanjuti," ujar Lilik.

Tidak hanya memeriksa petugas, tim Satopspatnal Rutan Negara juga melibatkan Tim Medis Rutan dalam melaksanakan tes urine untuk mendeteksi keberadaan narkotika. 

Tes urine ini dilakukan secara acak terhadap 10 warga binaan. Hasilnya menunjukkan bahwa semua sampel warga binaan yang diuji negatif narkotika. 

"Kami bersyukur bahwa semua warga binaan yang menjalani tes urine hasilnya negatif. Kami akan terus melaksanakan kegiatan ini secara rutin dengan mengambil 10 sampel secara acak," kata I Nyoman Sudiarta, Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Negara.

Menutup kegiatan ini, Lilik mengungkapkan bahwa ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan Rutan Negara yang bebas dari hal-hal yang merugikan, seperti Handphone, Pungutan liar, dan Narkoba (Halinar). 

"Kegiatan ini sejalan dengan prinsip-prinsip pemasyarakatan, yaitu deteksi dini, pemberantasan narkoba, sinergi antara aparat penegak hukum, serta penekanan pada prinsip Back to Basic," tegasnya.

Dengan dilaksanakannya inspeksi mendadak ini, diharapkan Rutan Negara dapat terus menjaga keamanan dan ketertiban di dalamnya serta mencegah masuknya barang terlarang. 

Langkah-langkah seperti penggeledahan petugas dan tes urine akan terus dilakukan secara rutin guna menjaga integritas dan keamanan di dalam lingkungan Rutan Negara

Editor: Robby

Reporter: bbn/jbr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami