search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Industri Mulai Jajaki Garam Produksi Petani Desa Baturinggit
Selasa, 27 Juni 2023, 09:57 WITA Follow
image

beritabali/ist/Industri Mulai Jajaki Garam Produksi Petani Desa Baturinggit.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Petani garam tradiaional yang ada di Desa Baturinggit, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem sumringah, pasalnya garam hasil produksi mereka kini tengah dilirik oleh salah satu perusahaan swasta.

 

Tak tanggung - tanggung, setelah melalui proses pengujian, dalam waktu dekat ini garam hasil produksi salah satu kelompok petani garam seberat satu ton rencananya akan diambil oleh pihak perusahaan yang sedang menjajaki kerja sama untuk dikirim ke Surabaya.

"Kalau untuk kualitas garam yang dihasilkan petani kami disini bisa dikatakan cukup bagus dan sudah diakui juga bahkan sampel garam telah dicek oleh perusahaan yang akan menjalin kerjasama diuji ke Surabaya. Minggu ini rencananya 1 ton garam akan dikirim kesana," kata Perbekel Desa Baturinggit, I Gede Putu Telantik, Senin (26/6/2023). 

Sebelumnya, petani garam di Desa Baturinggit terkendala peralatan sehingga tidak maksimal dalam memproduksi garam. Kini para petani diberikan bantuan peralatan dari perusahaan yang menjalin kerja sama, dengan harapan para petani mampu meningkatkan hasil produksi garamnya.

Nantinya garam - garam yang dihasilkan oleh petani ini rencananya juga akan dibeli langsung oleh perusahan tersebut dengan harga Rp.10 ribu perkilogramnya untuk kemudian dikemas kembali menjadi produk garam. 

"Harapan kita semoga kedepan kerja sama ini bisa berlanjut dan semakin berkembang, yang temtunya berimbas terhadap kesejahteraan dan mampu meningkatkan taraf hidup petani garam di Desa kami," harap Telantik. 

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami