search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Cuaca Ekstrem, Ribuan Pelanggan PDAM Karangasem Diprediksi Alami Paceklik Air Besih
Senin, 10 Juli 2023, 18:14 WITA Follow
image

bbn/ilustrasi/Cuaca Ekstrem, Ribuan Pelanggan PDAM Karangasem Diprediksi Alami Paceklik Air Besih.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Suplai air bersih untuk seribu lebih pelanggan PDAM terganggu akibat cuaca ekstrem dengan hujan deras yang melanda sebagian besar wilayah Karangasem beberapa hari terakhir ini.

Kondisi ini diakui oleh Direktur Perumda Tirta Tohlangkir Karangasem, I Komang Haryadi Parwatha saat dikonfirmasi awak media pada Senin (10/7/2023). Ia mengatakan, dampak hujan deras menyebabkan sejumlah jaringan pipa milik PDAM Karangasem hanyut serta rusak akibat tergerus longsor.

Selain itu, mesin pompa sumber air Telaga Waja juga sempat tak bisa dioperasikan karena terendam banjir sehingga berdampak terhadap suplai air kepada pelanggan.

"Ya benar, kondisi tersebut berdampak terhadap suplai air bersih di wilayah 4 Kecamatan dengan jumlah pelanggan terdampak lebih dari seribu pelanggan,” kata Parwatha.

Adapun empat Kecamatan yang terdampak yaitu wilayah Kecamatan Selat, Sidemen, Rendang dan wilayah Kecamatan Karangasem. Terkait gangguan yang terjadi, Perumda Tirta Tohlangkir sudah bersurat kepada kepala wilayah masing-masing untuk memberitahu kepada pelanggan PDAM untuk permakluman karena dalam 3 hingga 4 hari kedepan suplai air bersih akan sedikit tersendat. 

Pihaknya juga sudah mengupayakan untuk menyuplai air bersih menggunakan mobil tangki kepada para pelanggan yang terdampak.

Sementara itu, terkait kerusakan yang terjadi, Perumda Karangasem saat ini sedang berupaya untuk melakukan perbaikan serta berkoordinasi dengan UPT Telaga Waja agar suplai air untuk ke wilayah Kabupaten Karangasem bisa segera kembali normal.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami