search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Cuaca Panas Ekstrem, Jambore Pramuka Dunia di Korsel Terancam Batal
Minggu, 6 Agustus 2023, 12:58 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Cuaca Panas Ekstrem, Jambore Pramuka Dunia di Korsel Terancam Batal

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Jambore Pramuka Dunia ke-25 di Korea Selatan terancam batal untuk pelaksanaannya pada Sabtu (5/8) waktu setempat gara-gara kondisi cuaca panas ekstrem.

Panas ekstrem itu membuat kontingen dari sejumlah negara menarik diri. Penarikan kontingen Amerika Serikat, Inggris, dan Singapura menjadi pukulan bagi penyelenggara dan pemerintah Korsel.

Singapore Scout Association mengatakan mereka akan dipindahkan dari lokasi jambore. Pasalnya suhu di Saemangeum yang berdekatan Buan, lokasi Jambore Pramuka Dunia ke-25 berlangsung, mencapai 34 derajat Celcius.

Kontingen pertama-tama akan dipindahkan ke Pusat Pendidikan Daejeon sebelum bergabung dengan Pramuka Inggris di Seoul.

"Keselamatan dan kesejahteraan remaja dan sukarelawan kami adalah yang paling penting," kata asosiasi tersebut, dikutip dari Channel News Asia.

"Kami tahu itu mungkin mengecewakan bagi sebagian orang, tetapi kami akan melanjutkan pengalaman jambore di Daejeon dan Seoul bekerja sama dengan mitra lokal kami dan Pramuka Inggris dalam program kegiatan sehingga anak-anak muda kami masih mendapatkan hasil maksimal," lanjutnya.

Singapore Scout Association mengatakan tidak satu pun dari kontingen mereka yang jatuh sakit akibat cuaca panas. Terdapat 67 peserta dari Singapura yang terdiri atas 40 siswa dan 27 guru.

Tak seperti Singapura, beberapa negara seperti Filipina dan Argentina memastikan akan tetap berada di perkemahan meski ada tantangan dari cuaca ekstrem. Mereka melihat adanya perbaikan di lokasi perkemahan.

"Kami mendapat janji dari pimpinan pemerintah bahwa segala sesuatunya akan diperbaiki," kata Presiden Argentina Scout Association Marina Rustan.

Sedangkan kontingen AS akan mengambil bagian dalam program jambore pada Sabtu (5/8) sebelum pindah ke Garnisun Humphreys Angkatan Darat AS di dekat lokasi jambore pada Minggu (6/8).

"Kontingen AS untuk Jambore Pramuka Dunia telah membuat keputusan sulit bahwa kami akan meninggalkan lokasi Jambore Pramuka Dunia ke-25 lebih awal karena cuaca ekstrem yang sedang berlangsung dan mengakibatkan kondisi di lokasi jambore," ujar mereka.

Sebelumnya, Inggris telah terlebih dahulu memindahkan kontingen mereka ke sejumlah hotel di Seoul. Tim Pramuka Inggris juga terlihat meninggalkan perkemahan dengan tas mereka di Buan pada Sabtu (5/8) pagi waktu setempat.(sumber: cnnindonesia.com)
 

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami