search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Junta Kudeta Niger Tolak Upaya Mediasi dari Blok Afrika Barat
Kamis, 10 Agustus 2023, 00:05 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Junta Kudeta Niger Tolak Upaya Mediasi dari Blok Afrika Barat

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Junta militer Niger menolak kehadiran diplomat blok Afrika Barat, ECOWAS, ke negara yang dikudeta tersebut. Langkah pemblokiran akses ini kian menyulitkan upaya mediasi di Niger.

Pernyataan itu tertuang dalam surat yang ditujukan untuk perwakilan ECOWAS di Niamey. Mulanya diplomat dari ECOWAS dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) akan mengunjungi Niamey pada Rabu (9/8).

"Konteks kemarahan dan pemberontakan saat ini, di antara penduduk menyusul sanksi yang dijatuhkan ECOWAS, membuat tidak mungkin menyambut delegasi ini dalam ketenangan dan keamanan yang diperlukan," demikian bunyi surat itu, seperti dikutip Anadolu.

Para pemimpin negara anggota ECOWAS dijadwalkan akan kembali menggelar pertemuan di Nigeria pada Kamis. Mereka bakal membahas situasi politik di Niger.

Tak lama usai pemblokiran itu, ketua ECOWAS sekaligus Presiden Nigeria Bola Ahmed Tinubu memerintahkan sanksi baru untuk Niger.

Menurut juru bicara kepresidenan Niger, Ajuri Ngelale, Tinubu akan memberlakukan sanksi melalui bank sentral Nigeria, menargetkan entitas dan individu yang terlibat dalam kudeta.

Upaya mediasi dengan junta Niger bukan kali pertama.

Pada pekan lalu, eks penguasa militer Nigeria Abdulsalami Abubakar dan delegasi mengunjungi Niamey. Namun, pemimpin kudeta yang mengklaim penguasa Niger saat ini, Abdourahamane Tchiani, menolak menerima mereka.

Tchiani juga ogah bertemu penjabat wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Victoria Nuland, di Niamey pada Senin.

Nuland juga tak diizinkan bertemu dengan Presiden Niger Mohamed Bazoum yang ditangkap sejak kudeta.

Namun, di saat yang sama Tchiani dilaporkan bertemu dengan delegasi dari negara tetangga Mali dan Burkina Faso. Kedua negara ini menyatakan dukungan ke Niger.

Niger tengah gonjang-ganjing usai Tchiani melancarkan kudeta pada 26 Juli. Ia menangkap Bazoum dan setidaknya lima menteri di pemerintahan sah.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami