search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Adu Ayam Jago Saat Tradisi Aci Keburan di Pura Hyang Api Dikawal Aparat
Jumat, 8 September 2023, 13:01 WITA Follow
image

beritabali/ist/Adu Ayam Jago Saat Tradisi Aci Keburan di Pura Hyang Api Dikawal Aparat.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Tradisi Aci Keburan kembali berlangsung di Pura Hyang Api, Desa Kelusa, Kecamatan Payangan. Tradisi itu mempertemukan ayam jago di areal jaba Pura dengan maksud untuk memperoleh kesejahteraan dan keselamatan dunia.

Untuk mendukung tradisi yang sudah berlangsung turun temurun itu, aparat baik TNI dan Polri menggelar pengamanan. Yakni Babinsa Desa Kelusa Serma I Wayan Yasa bersama Bhabinkamtibmas Desa Kelusa Aiptu I Wayan Muriana dan Pecalang Desa Adat Kelusa. 

"Upacara Aci keburan ditujukan untuk memanjatkan doa dengan persembahan Bebantenan kepada ista Dewata yaitu Dewa Ageni/Dewa Brahma untuk keselamatan hewan-hewan ternak yang dipelihara oleh masyarakat," ujar Wayan Yasa. 

Tradisi ini rutin digelar setiap enam bulan Bali, dimulai saat hari raya Kuningan. Tradisi  berlangsung selama beberapa hari hingga berakhir Saniscara Kliwon, Sabtu besok. 

"Diyakini apabila tradisi upacara tradisi ini tidak dilaksanakan bisa mengakibatkan terjadinya wabah penyakit yang menyebabkan kematian pada hewan ternak," jelasnya.

Dalam pelaksanaan Pengamanan  Babinsa bersama dengan Bhabinkamtibmas dan Pecalang Adat Kelusa memberikan himbauan kepada Para Pemedek untuk mentaati aturan yang ada di Pura Hyang Api dan untuk lebih tertib. 

"Pemedek yang datang juga dari luar Desa Kelusa untuk melihat upacara tradisi Aci Keburan ini," tutup dia.

Editor: Robby

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami