search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
128 Personel Polres Karangasem Ditugaskan Jadi Polisi Banjar
Kamis, 21 September 2023, 14:50 WITA Follow
image

beritabali/ist/128 Personel Polres Karangasem Ditugaskan Jadi Polisi Banjar.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Sebanyak 128 personel Polres Karangasem ditugaskan menjadi Polisi Banjar dalam rangka untuk memaksimalkan pelaksanaan program Polisi RW di wilayah Bali. 

Program ini besutan Mabes Polri yang bertujuan untuk memelihara kamtibmas dengan menempatkan personelnya pada lingkup wilayah terkecil di masyarakat.

Untuk Polda Bali program tersebut diterapkan dengan mengadopsi konsep kearifan lokal masyarakat Bali yang memiliki satuan wilayah kecil yang disebut dengan banjar, sehingga penerapan polisi RW di bali disebut dengan polisi banjar.

Kapolres Karangasem, AKBP. Ricko AA Taruna dalam Apel Konsolidasi Polisi Banjar daerah Hukum Polsek di Karangasem, Kamis (21/9/2023) mengatakan, program polisi banjar merupakan upaya polres karangasem untuk meningkatkan kegiatan pemolisian masyarakat dengan menugaskan personel Polri pada tiap banjar, untuk membangun kemitraan dengan masyarakat, membantu masyarakat dalam menyelesaikan masalah sosial yang terjadi di lingkungannya, membangun hubungan yang konsisten dengan masyarakat, mendengarkan, menerima, berempati terkait keluhan masyarakat. 

Selain itu, juga untuk merekomendasikan dan mengkoordinasikan dengan satuan dan instansi terkait tentang permasalahan yang terjadi di lingkungan kerjanya, menganalisa, mengevaluasi, menindak lanjuti dan memberikan solusi kepada masyarakat terkait permasalahan di lingkungan penugasannya, dan mengaktifkan forum kemitraan polisi dan masyarakat, memberikan edukasi dan sosialisasi secara intensif kepada masyarakat sebagai bentuk upaya menangkal potensi gangguan kamtibmas. 

Dalam pelaksanaannya, polisi banjar akan bekerja sama dengan seluruh elemen masyarakat, mulai dari tokoh adat, tokoh masyarakat, forum sipandu beradat, bankamda, bhabinkamtibmas, babinsa, pecalang dan jagabaya yang ada di wilayahnya.

"Polisi Banjar ini juga memiliki kriteria seperti memiliki pengetahuan yang cukup bersikap humanis, memiliki rasa empati, berbudi pekerti yang luhur dan menjadi panutan di masyarakat serta memiliki kemampuan problem solving terhadap masalah yang terjadi di wilayahnya," kata Ricko Taruna. 

Nantinya, ketika melaksanakan tugasnya polisi banjar menggunakan seragam dinas yang dilengkapi dengan atribut identitas polisi banjar, dilengkapi sarana dan prasarana sesuai kebutuhan. 

Anggota bersangkutan juga bertanggung jawab atas penyelenggaraan giat polmas, menyelenggarakan koordinasi, komunikasi dan kerjasama dengan instansi dan pemangku kepentingan terkait di banjar lingkungan kerjanya serta melaksanakan tugas minimal 1 kali dalam seminggu.

"Tujuan akhirnya, kita ingin meningkatnya kepercayaan masyarakat kepada polri, menurunnya tingkat fear of crime (ketakutan masyarakat terhadap sebuah kejahatan), meningkatnya kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat dan meningkatnya kualitas hidup masyarakat," tutup Ricko Taruna.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami