search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Bawaslu Bali: Penindakan Jadi Upaya Terakhir Pelaksanaan Pemilu
Jumat, 20 Oktober 2023, 12:19 WITA Follow
image

beritabali/ist/Bawaslu Bali: Penindakan Jadi Upaya Terakhir Pelaksanaan Pemilu.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Anggota Bawaslu Bali, I Wayan Wirka menyebut peristiwa hukum bisa dikatakan melanggar apabila telah masuk dalam proses penanganan pelanggaran yang dilakukan Bawaslu. 

Hal itu dikatakannya saat membuka kegiatan Pengelolaan Data Penanganan Pelanggaran di kantornya, Rabu, (18/10/2023).

“Jika baru dugaan, itu belum bisa dikatakan melanggar, bisa dikatakan melanggar ketika sudah memasuki proses penanganan pelanggaran,” jelasnya.

Selanjutnya Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi Bawaslu Bali tersebut menjelaskan, bahwa Bawaslu saat ini lebih mengedepankan upaya pencegahan, menurutnya, penindakan merupakan upaya terakhir yang harus dilakukan apabila pencegahan sudah tidak diindahkan.

“Bawaslu hari ini mengedepankan upaya pencegahan, karena penindakan itu upaya terakhir,” ujarnya.

Menambahkan yang disampaikan Wirka, Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Bali, Ketut Ariyani menuturkan bahwa dalam proses pencegahan, selain  dilakukan dengan cegah dini, membangun narasi dan literasi secara masif kepada masyarakat juga menjadi bagian penting yang harus dilakukan Bawaslu. 

Menurut Ariyani, pelibatan masyarakat secara aktif dalam setiap proses Pemilu menjadi esensi dari sebuah sistem Demokrasi yang baik, dimana rakyat menjadi pemegang kedaulatan tertingginya.

“Bangun narasi yang baik dan literasi kepada masyarakat, masyarakat itu berhak tahu, apa yang dilakukan Penyelenggara Pemilu, sejauh apa proses Pemilu berlangsung, termasuk juga larangan-larangannya. Ini jadi bagian penting pencegahan dan keterbukaan informasi kepada publik,” pungkasnya.

Editor: Robby

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami