search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
2024, Ratusan Kilometer Jalan Rusak Jadi PR Pemkab Karangasem
Senin, 8 Januari 2024, 10:34 WITA Follow
image

beritabali/ist/2024, Ratusan Kilometer Jalan Rusak Jadi PR Pemkab Karangasem.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Memasuki tahun 2024, Kabupaten Karangasem masih memiliki pekerjaan rumah (PR) untuk memperbaiki sekitar 240 kilometer jalan berstatus Kabupaten yang masih dalam kondisi rusak. 

Seperti dikatakan oleh Kabid Bina Marga Dinas PUPR - Perkim Kabupaten Karangasem, I Wayan Surata Jaya baru - baru ini. Menurutnya hingga akhir tahun 2023 ini masih ada sekitar 20 persen dari 1.202 kilometer panjang jalan kabupaten karangasem kondisinya rusak. 

"Kondisi tidak mantap sekitar 20 persen dari panjang jalan kabupaten 1.202 kilometer, untuk rencana perbaikan jalan tahun 2024 ini sekitar 30-40 kilometer, saya kurang hafal pastinya, " kata Suratajaya. 

Ia menjelaskan, untuk memperbaiki jalan dibutuhkan anggaran yang cukup besar. Estimasi biaya per 1 kilometer jalan yang diperbaiki membutuhkan anggaran sekitar Rp1,3 sampai Rp1,6 miliar.

Sementara itu, jalan rusak tersebar di wilayah Kecamatan yang ada di Kabupaten Karangasem, salah satunya di Kecamatan Selat yaitu di Desa Duda Utara. 

Jalan penghubung dua dusun di wilayah tersebut bertahun-tahun dalam kondisi rusak parah bahkan saat ini kondisinya terlihat lebih mirip sungai ketimbang jalan. 

Kondisi ini juga sudah dikeluhkan oleh warga, selain peran jalan cukup penting dilalui, jalan dipenuhi batu dan pasir juga kerap memicu kecelakaan apalagi saat ini sudah memasuki musim hujan sehingga kondisi kerusakan jalan dipastikan semakin parah.

"Rusak sudah lama, saya sempat jatuh, apalagi sekarang musim hujan pasti batu pasir berserakan dan lubang - lubangnya kembali menganga meski sebelumnya warga swadaya melakukan pengurugan lubang - lubang yang ada di sepanjang jalan," kata Gede Suar salah seorang Warga, Senin (8/1/2024).

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami