search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Stok Darah Terus Menipis, PDDI Bali Gedor Kelompok Sosial
Sabtu, 20 Januari 2024, 16:05 WITA Follow
image

beritabali/ist/Stok Darah Terus Menipis, PDDI Bali Gedor Kelompok Sosial.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Terlebih lagi, tiap awal tahun, kebutuhan darah pun bergulir. Untuk memenuhi kebutuhan darah dan membantu sesama, maka Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) Provinsi Bali menggedor kelompok yang peduli sosial.

Salah satu kelompok, yakni Komunitas Teman Parta menggelar acara donor darah di Wantilan Pura Dalem Guwang, Sukawati, pada Sabtu (20/1/2024).

Ketua PDDI Bali, I Ketut Pringgantara mengatakan kebutuhan darah di Bali relatif tinggi. Sementara stok darah setiap awal tahun cenderung menipis dikarenakan masih suasana liburan Nataru. 

"Dari 74 RS di Bali, kebutuhan darah meningkat terus terutama di golongan darah A, paling sulit AB," jelasnya. 

Diungkapkannya, kebutuhan darah di RSUP Prof Ngoerah Sanglah Denpasar saja sebanyak 120 kantong per hari. "Per bulan dibutuhkan 5.500 kantong di satu rumah sakit, bayangkan ada 74 RS di Bali," terangnya. Kebutuhan darah tersebut untuk memenuhi permintaan pasien dengan berbagai diagnosa. Diantaranya 4 penyakit yang relatif parah seperti kanker, bedah torak kardiovaskular, kecelakaan dan cuci darah. 

Guna menjaga stok darah inilah, PDDI Bali gencar mendatangi kelompok-kelompok pendonor. "Ini tugas kita bersama," ujarnya. Pringgantara pun berterima kasih kepada Komunitas Teman Parta yang mengadakan aksi sosial donor darah di awal tahun. "Sehingga stok darah sementara aman," tutup dia. 

Editor: Robby

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami