search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Retno Pinasti & Zilvia Iskandar, Duo Moderator Debat Pilpres
Minggu, 21 Januari 2024, 14:38 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Retno Pinasti & Zilvia Iskandar, Duo Moderator Debat Pilpres

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan Retno Pinasti dan Zilvia Iskandar sebagai moderator debat keempat Pilpres 2024 pada Minggu (21/1).

Pemilihan moderator dengan komposisi dua perempuan ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh KPU. Sebelumnya, formasi moderator selalu berpasangan laki-laki dan perempuan.

Komisioner KPU August Mellaz menerangkan pemilihan moderator ini diputus berdasarkan kompetensi dan representasi dari stasiun televisi penyelenggara.

Zilvia Iskandar merupakan jurnalis dari Metro TV. Dilansir laman BINUS CAREER, Zilvia mengenyam pendidikan Sastra Inggris di BINUS University pada 2008.

Ia tercatat sebagai salah satu alumni terbaik BINUS University 2012 dengan predikat summa cumlaude.

Zilvia bergabung di Metro TV pada 1 Mei 2012 dengan mengikuti Journalist Development Program angkatan ke-8. Setelah menjalani pelatihan jurnalistik, Zilvia mulai diterjunkan sebagai reporter lapangan selama sembilan bulan.

Sejak Februari 2013 Zilvia mulai membawakan Headline News dan program Metro Malam. Ia kini sudah memiliki program sendiri di Metro TV sejak tahun 2022 yang berjudul Kontroversi.

Salah satu penghargaan bergengsi yang pernah diterima oleh Zilvia adalah sebagai Presenter Terbaik pada ajang Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) 2017.

Sementara itu, Retno merupakan jurnalis SCTV. Ia pernah menjadi moderator pada debat Pilpres 2019. Kala itu, Retno berpasangan dengan jurnalis Zulfikar Naghi.

Retno menempuh pendidikan di Universitas Gadjah Mada (UGM). Ia mengawali karier sebagai wartawan di Televisi Republik Indonesia (TVRI) pada 1997. Tiga tahun kemudian, Retno pindah ke Trans TV menjadi reporter. Namun, ia hanya sembilan bulan di sana.

Retno melanjutkan studi magister ke Goldsmiths, University of London pada 2001 di bidang jurnalisme televisi. Kala itu, Retno sempat berkarier di Independent Television News (ITN). Dia merampungkan studi pada 2002.

Pada 2003, Retno kembali ke Indonesia dan memulai karier sebagai reporter SCTV. Ia sempat menjadi reporter Voice of America pada 2005. Namun, ia kembali ke SCTV sebagai produser, pembawa berita, dan koordinator talenta pada 2011.

Pada 2014, Retno masuk nominasi pembawa berita terbaik versi Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Adapun debat keempat nanti akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta. Pada debat kali ini, para calon wakil presiden akan membahas tema pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, sumber daya alam dan energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Stasiun televisi swasta yang menjadi media penyelenggara adalah SCTV, Indosiar, dan Metro TV.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami