search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
9 Jenis Buah dan Sayur Untuk Tingkatkan Kekebalan Tubuh
Rabu, 31 Januari 2024, 09:58 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/9 Jenis Buah dan Sayur Untuk Tingkatkan Kekebalan Tubuh

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Di musim seperti saat ini, ketahanan tubuh sangatlah diperlukan. Meskipun banyak orang beralih ke suplemen makanan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh mereka (seperti suplemen vitamin C atau zinc). 

Buah dan sayur secara alami kaya akan berbagai nutrisi penunjang kekebalan tubuh yang membantu tubuh melawan bakteri dan virus penyebab penyakit.

Berikut adalah beberapa buah dan sayuran terbaik untuk dimakan demi kekebalan tubuh. 

Buah dan Sayuran Terbaik untuk Kesehatan Kekebalan Tubuh 

Meskipun semua buah-buahan dan sayur-sayuran mendukung kekebalan tubuh melalui beragam kandungan air, serat, dan fitonutriennya, beberapa buah dan sayur lebih unggul berkat kombinasi unik nutrisi peningkat kekebalan tubuh.

Berikut sembilan buah dan sayuran terbaik untuk kesehatan kekebalan tubuh yang bisa Anda makan sepanjang tahun.

1. Paprika Merah

"Paprika merah adalah sumber vitamin C dan E yang baik. Setengah cangkir irisan paprika merah menyediakan lebih dari 100 persen jumlah vitamin C harian yang direkomendasikan," kata Colette Micko.

Paprika yang sedikit manis ini juga kaya akan air, serat, dan senyawa tumbuhan.Paprika merah adalah tambahan yang sempurna untuk tumisan gurih, salad menyegarkan, atau hidangan pasta.

2. Brokoli

Sayuran silangan ini adalah pembangkit tenaga listrik yang meningkatkan kekebalan tubuh berkat kandungan serat larut dan vitamin A, B6, dan C.Dan untungnya, ada banyak cara lezat untuk menggunakan brokoli di dapur mulai dari sup dan semur hingga omelet, pasta, dan hidangan nasi.

3. Jeruk bali

Meskipun semua buah jeruk layak disebutkan dalam daftar makanan yang mendukung kekebalan tubuh, jeruk bali mendapat pujian khusus karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi.

Satu buah jeruk mengandung lebih dari 100 persen kebutuhan harian Anda, ditambah serat larut, air, dan vitamin A.

Grapefruit tentu saja dapat dinikmati hanya dengan sendok (orang biasanya makan sekitar setengahnya), tetapi jeruk bali juga menambahkan rasa asam pada salad, saus, dan berbagai makanan panggang.

4. Bayam

"Bayam kaya akan sumber antioksidan (khususnya vitamin A, C, dan E)," kata Micko.

Ini juga merupakan sumber zat besi. Nutrisi ini dikombinasikan dengan serat dan senyawa tumbuhan yang juga ditemukan dalam bayam menjadikannya pilihan yang sangat baik bagi mereka yang ingin meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Blackberry

Sama halnya dengan jeruk, semua buah beri adalah buah yang luar biasa meningkatkan kekebalan tubuh, namun inilah saatnya untuk menyoroti buah beri yang sering diabaikan.

Meskipun buah beri hitam ini kaya akan air, vitamin C, dan senyawa tumbuhan, kandungan seratnya sangat berbeda. Dengan berat delapan gram per cangkir, blackberry mendukung mikrobioma usus yang berkembang, dan dengan demikian sistem kekebalan tubuh juga berkembang.

6. Alpukat

Sebagai sumber senyawa tanaman dan vitamin C dan E yang sangat baik, alpukat tentunya merupakan penambah kekebalan tubuh.Tapi tahukah Anda bahwa alpukat adalah salah satu sumber serat larut terbaik yang ada?

Kekuatan prebiotiknya menjadi pertanda baik bagi sistem kekebalan dan kesehatan usus kita.Tambahkan buah hijau lembut dan lembut ini ke salad, bungkus, sandwich, burger, telur, lumpia, dan banyak lagi.

7. Jahe

"Akar jahe mengandung berbagai antioksidan yang membantu mengurangi peradangan dan memiliki sifat antimikroba dan antibiotik alami untuk membantu menangkal infeksi," jelas Micko.

Namun Anda sebenarnya tidak perlu membeli minuman jahe (atau mengeluarkan alat pembuat jus untuk membuatnya di rumah).

Sebagai gantinya, masak dan panggang dengan jahe segar untuk mendapatkan semua manfaat sehatnya. Akar pedas ini merupakan tambahan yang bagus untuk tumisan, sup, hidangan nasi, protein, dan juga banyak camilan manis mulai dari sorbet, makanan panggang, hingga koktail (dan mocktail).

8. Kiwi

Buah kiwi, merupakan tambahan yang bagus untuk program kesehatan kekebalan tubuh Anda karena kaya akan serat, senyawa tumbuhan, air, serta vitamin C dan E. Buah tropis ini sangat cocok untuk smoothie, salad buah, puding chia, dan lainnya.

9. Bawang putih

Sebagai sumber fitonutrien yang kuat,bawang putih juga masuk dalam daftar buah dan sayuran yang meningkatkan kekebalan tubuh. 

Namun cara Anda mengonsumsi bawang putih sebenarnya sangat penting untuk mendapatkan manfaat penuh.

"Bawang putih yang dihancurkan, dikunyah, atau dicincang halus melepaskan komponen kimia yang disebut allicin yang meningkatkan produksi sel darah putih, membuat sistem kekebalan tubuh Anda lebih siap melawan infeksi," kata Micko. 

Dia juga menambahkan bahwa konsumsi bawang putih secara teratur telah terbukti mengurangi gejala flu, durasi dan mengurangi risiko sakit."(sumber: cnnindonesia.com)
 

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami