search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Venezuela-Kolombia Sokong Brasil Anggap Israel Macam Hitler
Kamis, 22 Februari 2024, 10:44 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Venezuela-Kolombia Sokong Brasil Anggap Israel Macam Hitler

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Venezuela dan Kolombia mendukung Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva atas kritiknya terhadap agresi Israel di Jalur Gaza.

Dalam sebuah program televisi pada Senin (19/2), Presiden Venezuela Nicolas Maduro menyebut apa yang dilakukan Israel di Gaza sama seperti yang dilakukan Nazi Jerman di masa lalu. Hal itu sesuai dengan pernyataan Lula saat pertemuan Uni Afrika beberapa waktu lalu.

"Seperti yang dikatakan Presiden Lula pada pertemuan Uni Afrika, apa yang dilakukan pemerintah Israel adalah hal yang sama yang dilakukan Hitler terhadap orang-orang Yahudi," ujar Maduro seperti dikutip Anadolu Agency.

Presiden Kolombia Gustavo Petro juga sepakat dengan pernyataan Lula.

"Saya menyatakan solidaritas penuh saya dengan Presiden Lula dari Brasil. Di Gaza, ada genosida dan ribuan anak-anak, perempuan, dan warga sipil lanjut usia dibunuh dengan pengecut," ujar Petro.

Pernyataan dua pemimpin ini menyusul ucapan Lula pada pekan lalu yang membandingkan perang di Gaza dengan kampanye Adolf Hitler saat ingin memusnahkan orang-orang Yahudi.

"Apa yang terjadi di Jalur Gaza terhadap rakyat Palestina belum pernah terjadi pada momen lain dalam sejarah. Sebenarnya, itu sudah terjadi ketika Hitler memutuskan membunuh orang-orang Yahudi," kata dia kepada wartawan.

Pernyataan Lula ini pun direspons oleh pemerintah Israel. Kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan Lula adalah "persona non grata" sampai dia menarik kembali ucapannya itu.

Pada Senin, Lula akhirnya memanggil pulang duta besar Brasil untuk Israel Frederico Meyer. Kementerian Luar Negeri Brasil juga mengatakan pihaknya akan memanggil Duta Besar Israel untuk Brasil, Daniel Zonshine, untuk bertemu di Rio de Janeiro.

Agresi Israel di Gaza sejauh ini telah menewaskan lebih dari 29 ribu orang. Mayoritas korban ialah anak-anak dan perempuan.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami