search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Empat Desa di Abang Karangasem Nyepi Adat, Pecalang Jaga Ketat Tiap Perempatan
Senin, 22 Juli 2024, 13:47 WITA Follow
image

beritabali/ist/Empat Desa di Abang Karangasem Nyepi Adat, Pecalang Jaga Ketat Tiap Perempatan.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Suasana di seputaran jalur Desa Abang, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem Senin (22/7/2024) pagi, tampak sepi lengang, tak ada aktivitas perkantoran yang terlihat begitu juga sekolah - sekolah sepertinya diliburkan. 

Pemandangan ini terjadi karena warga sedang melaksanakan catur brata penyepian serangkaian Nyepi Adat di wilayah Desa Ada Kesimpar yang berlangsung mulai pukul 07.00-16.00 WITA nanti. 

Menurut salah seorang pengurus pecalang Desa Adat Kesimpar yang berjaga di kawasan Peremparan Desa Abang, I Komang Arya. Nyepi di Desa Adat Kesimpar dilaksanakan setiap satu tahun sekali usai upacara usaba dodol di Pura Puseh setempat. 

"Nyepi adat ini berlaku di wilayah Desa Adat Kesimpar saja yang mencangkup 4 wilayah Desa Dinas, diantaraya Desa Kesimpar, Desa Abang, Nawakerti dan Desa Pidpid, pelaksanaanya sama seperti nyepi pada umumnya yang membedakannya hanya waktu dan lama pelaksanaannya," kata Arya. 

Selama pelaksanaan nyepi adat ini, seluruh perbatasan hingga perempatan jalan dijaga ketat oleh anggota pecalang yang didukung personel Babinkamtibmas Polsek Abang. 

Khusus jalan pusat, lalu lintas masih berjalan seperti biasa, tetapi jika ada kendaraan yang hendak memasuki wilayah desa adat tidak diperkenankan selama nyepi berlangsung.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami