search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Anies dan Ganjar Bakal Hadiri Pelantikan Presiden Prabowo
Senin, 14 Oktober 2024, 10:55 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Anies dan Ganjar Bakal Hadiri Pelantikan Presiden Prabowo

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Dua rival Prabowo Subianto di Pilpres 2024 lalu, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo dijadwalkan bakal menghadiri pelantikan presiden dan wakil presiden di hadapan sidang MPR, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10) mendatang.

Dalam sidang itu Prabowo dan anak sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029.

Juru Bicara Anies, Angga Putra Fidrian memastikan capres nomor urut 1 pada Pilpres 2024 itu bakal menghadiri kegiatan pelantikan tersebut. Namun, pihaknya masih belum menerima surat undangan resmi dari Setjen MPR RI.

"Sejauh ini belum ada undangan yang diterima terkait pelantikan 20 Oktober. Jika undangan sudah diterima, seperti halnya penetapan KPU kemarin, Pak Anies akan hadir di acara tersebut," ujar Angga.

Sementara Ganjar Pranowo mengaku sudah menerima surat undangan dari Setjen MPR dan memastikan bakal hadir dalam pelantikan.

"Insyaallah datang. Undangan sudah saya terima dan dari Setjen MPR sudah kontak saya," tutur politikus PDIP tersebut.

Pasangan Ganjar di Pilpres 2024 lalu, Mahfud MD juga menyebut akan hadir dalam pelantikan Prabowo-Gibran. Baginya, pelantikan presiden dan wakil presiden merupakan peristiwa sejarah yang hanya terjadi lima tahun sekali.

"Pelantikan presiden/wapres adalah peristiwa politik bersejarah yang hanya terjadi lima tahun sekali. Tentu saya senang untuk bisa hadir," kata Mahfud lewat pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Kamis (10/10).

Sebelumnya Ketua MPR RI Ahmad Muzani mengatakan para kontestan di Pilpres 2024 akan diundang untuk menghadiri pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wapres RI 2024-2029.

Muzani mengatakan keputusan tersebut berdasarkan hasil rapat pimpinan MPR RI terkait pelantikan presiden dan wakil presiden.

"Pimpinan MPR baru menyetujui bahwa mereka semuanya akan kita undang dalam acara pelantikan dan kami akan segera menyampaikan undangan kepada beliau-beliau," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (9/10).

Pada Pilpres 2024 lalu, Anies berpasangan dengan Muhaimin Iskandar. Sementara Ganjar berpasangan dengan Mahfud MD. Namun, kedua pasangan ini alami kekalhan dari Prabowo-Gibran.

Pelantikan Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden akan digelar 20 Oktober nanti di Gedung DPR/MPR. (sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami