Informasi

Pasar Murah Karangasem: Upaya Pemkab Stabilkan Harga Jelang Idulfitri

 Rabu, 03 April 2024, 16:02 WITA

beritabali/ist/Pasar Murah Karangasem: Upaya Pemkab Stabilkan Harga Jelang Idulfitri.

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Karangasem. 

Dalam rangka pengendalian inflasi menjelang Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1445 H yang jatuh pada tanggal 10 April 2024, Pemerintah Kabupaten Karangasem melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Karangasem melaksanakan Pasar Murah di Kecamatan Sidemen dan Kecamatan Karangasem.

Wakil Bupati Karangasem, I Wayan Artha Dipa, Sekda Sedana Merta bersama Forkopimda Kab. Karangasem/yang mewakili, didampingi OPD  terkait serta undangan lainnya, turut serta dalam peninjauan di salah satu lokasi Pasar Murah yang dilaksanakan di Lingkungan Telaga Mas, Kecamatan Karangasem, Rabu, (3/4/2024).

"Tujuan dari Pasar Murah ini adalah untuk memberikan kemudahan dan meringankan beban warga, khususnya dalam memenuhi kebutuhan pokok menjelang perayaan Idul Fitri," ujar Wabup Artha Dipa saat diwawancara awal media.

Dikatakan pula, Pasar murah ini dilaksanakan sebagai upaya untuk menstabilkan harga barang kebutuhan pokok, utamanya beras, gula, minyak goreng dan telur ayam

Pasar murah ini digelar, tidak hanya agar memberikan manfaat bagi konsumen, tetapi juga bagi petani dan nelayan lokal. Sebab, pangan yang dijual di Pasar Murah ini diambil langsung dari para petani dan nelayan lokal, hal ini diharapkan dapat menggerakkan roda ekonomi masyarakat menuju Visi Misi Dana-Dipa, Membangun pertanian yang tangguh dan mandiri dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani serta nelayan.

Di Pasar Murah ini, masyarakat dapat membeli beras dengan harga Rp.53.000 / 5 kg, LPG Tabung 3 kg dengan harga Rp. 18.000, dan gula dengan harga Rp. 16.000 / kg. Harga ini lebih murah dibandingkan dengan harga di pasar tradisional yang cenderung lebih tinggi.

Pasar Murah ini melibatkan 6 distributor, diantaranya PT. PPI (Perusahaan Perdagangan Indonesia), PT. GIEB (Gabungan Import Export Bali), Perum BULOG, Pertamina (LPG), PT. Indomarco Prismatama dan Distributor Sembako (Sayur dan Bumbu).

"Dengan adanya Pasar Murah ini, diharapkan harga bahan pokok dapat stabil dan merata di setiap wilayah," imbuhnya.

Penulis : Humas Karangasem

Editor : Robby






Tonton Juga :





Hasil Polling Calon Bupati Karangasem 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022


Trending