search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
6 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan
Selasa, 18 Januari 2022, 20:30 WITA Follow
image

bbn/merdeka.com/6 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Buah Alpukat sering kita temui dalam bentuk jus atau makanan lain. Namun taukah kamu kalau Alpukat punya banyak manfaat yang penting untuk kesehatan. Buah alpukat memiliki sejumlah kandungan gizi yang penting untuk tubuh.
 
Kandungan gizi yang terkandung di dalam buah alpukat dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan gizi harian. Buah ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, lho! Beragam manfaat atau khasiat buah alpukat di antaranya yakni:

1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat alpukat bagi kesehatan jantung sudah lama diketahui. Kadar lemak tak jenuh yang tinggi pada alpukat dapat mengurangi kolesterol darah pada tubuh. Mayo Clinic menunjukkan bahwa menambahkan buah alpukat ke piring Anda dapat membantu memperbaiki kadar kolesterol LDL pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas.

Kadar kolesterol tubuh yang terjaga dengan baik secara otomatis dapat menjauhkan Anda dari risiko penyakit jantung.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Manfaat lain dari alpukat yang perlu Anda ketahui adalah buah ini amat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Buah ini dapat membantu Anda buang air besar secara teratur dan berkala. Alpukat juga merupakan makanan rendah fruktosa. Jadi, alpukat tidak berisiko menyebabkan penumpukan gas sehingga aman untuk lambung.

3. Menurunkan risiko gangguan metabolik

Sebuah studi dari Nutrition Journal mengatakan bahwa buah alpukat punya manfaat atau khasiat baik untuk menurunkan risiko sindrom metabolik. Sindrom metabolik adalah segala hal yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena gangguan kesehatan, seperti stroke, penyakit arteri, diabetes, dan lainnya. Kadar lemak tak jenuh yang terkandung dalam alpukat pun dapat membantu menghentikan resistensi insulin dan mengontrol kadar gula darah.

4. Menjaga kesehatan mata

Alpukat mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin. Dikutip dari jurnal Investigative Ophthalmology and Visual Science, kedua senyawa ini sangat penting bagi kesehatan mata.

Mengonsumsi buah alpukat secara rutin pun dapat membantu Anda mengurangi risiko gangguan penglihatan di usia tua. Penelitian yang disebutkan dalam jurnal di atas menyatakan bahwa lutein dan zeaxanthin dapat mencegah Anda mengalami katarak dan degenerasi makula.

5. Mencegah cacat lahir pada janin

Alpukat mengandung folat yang penting untuk dikonsumsi ibu hamil. Selama masa kehamilan, kebutuhan folat akan meningkat untuk mendukung pembentukan sel dan jaringan baru. Dikutip dari jurnal Nutrients, folat merupakan nutrisi yang paling terkenal untuk mencegah bayi lahir cacat, seperti mengalami spina bifida dan cacat tabung saraf.

6. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat alpukat bagi kecantikan muncul dari kandungan vitamin C dan vitamin E yang sudah terbukti baik untuk kesehatan kulit. Secara spesifiknya, alpukat ternyata dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Ini karena kandungan vitamin C dan vitamin E berperan penting untuk membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh matahari dan faktor lingkungan lainnya.

Reporter: bbn/tim



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami