search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
7 Besar Negara dengan Jemaah Haji Terbanyak di Dunia
Selasa, 28 Juni 2022, 19:00 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/7 Besar Negara dengan Jemaah Haji Terbanyak di Dunia

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Haji merupakan salah satu ibadah penting umat Muslim. Menunaikan ibadah Haji bahkan wajib hukumnya bagi setiap umat Muslim jika mampu. Ibadah haji bahkan masuk dalam rukun Islam yang kelima.

Tak hanya pergi ke Mekah, umat Muslim yang melakukan haji juga bakal berkunjung ke beberapa tempat suci lain, yakni Mina, Muzdalifah, dan Padang Arafah.

Melihat pentingnya ibadah ini bagi Muslim di dunia, berbagai negara memiliki prosedurnya sendiri untuk memberangkatkan jemaah haji. Pemerintah Saudi pun menerapkan kuota maksimal jemaah bagi setiap negara yang bisa diberangkatkan haji dalam setahun.

Berikut beberapa negara yang memiliki jemaah haji terbanyak pada 2022:

1. Indonesia

Indonesia mendapatkan kuota jemaah terbanyak pada 2022. Pemerintah Arab Saudi memberikan kuota sebanyak 100.051 untuk warga Indonesia.

"Kita tidak mengirim jemaah haji dalam dua tahun terakhir akibat pandemi Covid-19. Akhirnya, upaya dan doa kita memberikan hasil dan kita bisa mengirim 100.051 jemaah haji dan 1.901 petugas haji," ujar Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas pada April lalu, seperti dikutip dari situs Setkab.

2. Pakistan

Pakistan menerima kuota jemaah haji sebanyak 81.132 pada tahun ini.

"Kuota Haji yang diberikan ke Pakistan untuk 2022 adalah 81.132. Ini akan dibagikan untuk skema haji pemerintah dan swasta dalam rasio 40 : 60, yaitu 32.453 dan 48.679," demikian pernyataan Kementerian urusan Agama Pakistan dalam rilis 'Kebijakan Haji 2022.'

3. India

India menerima kuota jemaah haji sebanyak 79.237 pada tahun ini, dikutip dari Saudi Gazette. India sendiri merupakan negara dengan mayoritas umat Hindu.

 

Umat Muslim sendiri merupakan salah satu kelompok minoritas di negara itu. Sebagaimana diberitakan Anadolu Agency, pada sensus penduduk 2011, umat Muslim di India mencapai 172 juta orang.

4. Bangladesh

Bangladesh menerima kuota jemaah haji sebanyak 57.585 pada tahun ini, menurut Saudi Gazette. Sebagaimana dilansir World Population Review, Bangladesh merupakan satu dari sepuluh negara yang memiliki populasi umat Muslim besar. Umat Muslim di sana mencapai lebih dari 153 juta.

5. Nigeria

Nigeria menerima kuota jemaah haji sebanyak 43.008 pada tahun ini. Sebagaimana diberitakan Saudi Gazette, Nigeria menjadi negara Afrika dengan kuota haji terbanyak pada tahun ini.

Nigeria juga termasuk dalam negara yang memiliki banyak umat Muslim. Umat Muslim di sana mencapai 95 hingga 103 juta orang.

6. Iran

Iran mendapatkan kuota jemaah haji sebanyak 38.482 pada tahun ini. Iran juga termasuk sebagai negara yang memiliki banyak umat Muslim. Masyarakat beragama Islam di sana mencapai lebih dari 82 juta orang.

7. Turki

Sementara itu, Turki mendapatkan kuota jemaah haji sebanyak 37.770 pada tahun ini. Turki sendiri memiliki populasi umat Muslim lebih dari 74 juta orang.(sumber: cnnindonesia.com)
 

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami