search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Gempa Berkekuatan 3,6 Guncang Karangasem Pagi Ini
Rabu, 17 Januari 2024, 08:12 WITA Follow
image

beritabali/ist/Gempa Berkekuatan 3,6 Guncang Karangasem Pagi Ini.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Gempa bumi tektonik bermagnitudo 3,6 mengguncang wilayah timur laut Kabupaten Karangasem, Rabu (17/1/2024) sekitar pukul 06.30 WITA. 

Berdasarkan hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=3,6 dengan Episenter terletak pada koordinat 8,27° LS; 115,53° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 8 km timur laut Karangasem, Bali pada kedalaman 10 km.

Adapun jenis dan mekanisme gempabumi dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar turun atau Oblique Normal. 

Sementara itu, Kalaksa BPBD Kabupaten Karangasem, Ida Ketut Arimbawa mengungkapkan, sampai saat ini pihaknya masih berkoordinasi terkait dengan dampak yang ditimbulkan oleh gempa bumi yang terjadi pagi ini. 

"Untuk dampak gempa yang ditimbulkan, kita masih kordinasi bersama perbekel," kata Arimbawa. 

Di sisi lain, dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Karangasem II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempabumi tektonik menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami. 

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami