search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Identik TPA, Desa Temesi Kini Punya Air Terjun Tersembunyi
Kamis, 8 Februari 2024, 17:33 WITA Follow
image

beritabali/ist/Identik TPA, Desa Temesi Kini Punya Air Terjun Tersembunyi.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Desa Temesi, Kecamatan Gianyar identik dengan Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Namun, kali ini, Desa Temesi membuka objek wisata air terjun pada Kamis (8/2/2024). Objek wisata dengan pesona alam yang asri ini disajikan untuk menjadi pilihan masyarakat dalam berwisata.

Camat Gianyar, Alit Adnyana mengapresiasi momen baru ini. "Temesi selama ini dikenal tempat pembuangan TPA, sekarang ada ikon baru air terjun baru, Temesi Waterfall," ujarnya.

Ini menjadi destinasi baru di Gianyar timur. "Kecamatan Gianyar kini berkembang. Karena desanya mengembangkan destinasi baru," jelas dia.

Dia berharap air terjun Temesi bisa dikelola dengan baik. "Terpenting harus sejahterakan masyarakat. Jangan sampai ada yang buang sampah. Bangun kondisi kondusif, turis yang datang senyum," jelas dia.

Yang punya driver dan warung bisa dirangkul. "Sehingga desa bisa mandiri," jelas dia.

Sementara itu, Perbekel Temesi, I Ketut Branayoga, menyatakan Temesi Waterfall milik lahan pribadi. "Ini terdiri dari 4 keluarga. Dari parkir, hingga jalan setapak dan air terjun," ujar Branayoga alias Ahok temesi. 

Berdasarkan lobi di pemerintah desa, 4 pemilik lahan mendukung objek wisata. "Sebetulnya tidak ada akses. Maka relawan kami dari Pokdarwis, memotong jalan dari paras dengan mesin," jelas dia.

Dengan modal semangat, mengumpulkan dana swadaya dari warga Temesi. "Dana dari warga yang semangat. Dengan bimbingan dari pihak terkait, maka dana APBDes, kami kucurkan menuju objek wisata ini," jelasnya.

Meski akses belum begitu sempurna, namun warga merasa bangga. "Karena ketimpangan pariwisata di Kabupaten Gianyar, di Gianyar timur hampir tidak tersentuh.  Maka tekad kami, bercita-cita meningkatkan objek wisata di kecamatan Gianyar," jelas dia.

Dia berharap desa tetangga ikut mendukung. "Untuk dikembangkan agar terwujud desa wisata yang pengaruhi perekonomian masyarakat setempat," ujarnya.

Editor: Robby

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami