News

Kondisi Tenda Jemaah Haji di Mina: Tidur di Lorong, Antre Toilet 2 Jam

 Rabu, 19 Juni 2024, 11:19 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Kondisi Tenda Jemaah Haji di Mina: Tidur di Lorong, Antre Toilet 2 Jam

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR RI mengungkap kondisi jemaah haji Indonesia di Mina, Arab Saudi yang memprihatinkan.

Ketua (Timwas) Haji DPR Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengungkapkan kondisi tenda jemaah haji RI yang berdesakan hingga toilet yang antre berjam-jam.

Cak Imin menyayangkan tenda sempit yang menyebabkan ruang gerak jemaah tak lebih dari 1 meter.

"Tadi kita menemukan fakta jumlah jemaah dengan kapasitas tenda yang tidak sesuai," kata Wakil Ketua DPR RI itu saat mengutip detikcom, Rabu (19/6).

Cak Imin mengatakan tenda dengan pengguna berlebih ini mengakibatkan banyak jemaah yang tidak kebagian tempat tidur di dalam tenda.

"Satu orang cuma 0,8 meter, artinya 1 meter enggak nyampe, akhirnya tidur di lorong. Ini tidak boleh terulang," katanya.

Di sisi lain, Cak Imin juga mendapatkan informasi adanya tenda lain yang justru lebih luas. Menurutnya, hal ini tidak adil. Dia pun mengusulkan ke depannya agar tenda harus sama ukurannya.

"Lalu yang kedua, ada tenda yang berlebihan, leluasa. Ini enggak adil, cara pembagian yang salah," imbuhnya.

"Ke depan, tiap tenda harus ukuran per orang per nama, kayak di hotel," imbuhnya.

Toilet antre berjam-jam

Tak cuma tenda, kondisi toilet juga jadi keluhan jemaah RI. Salah satu jemaah bahkan menyampaikan ini di depan Timwas Haji DPR.

Jemaah kloter JKS10 Kabupaten Bandung Barat (KBN) di Maktab 72 Mina, Arab Saudi, mengeluhkan kapasitas toilet yang tidak memadai. Jemaah antre di toilet berjam-jam hingga terpaksa buang air kecil di samping tenda.

Hal ini disampaikan oleh seorang jemaah saat anggota Timwas Haji DPR, sekaligus Wakil Ketua Komisi VIII DPR Fraksi Golkar, Ace Hasan Sadzily.

"Di kamar mandi, jumlah kapasitas jemaah yang banyak dengan kamar mandi yang sedikit, sampai di belakang pun dijadiin (untuk) buang air kecil sama ibu-ibu," kata seorang jemaah.

Jemaah tersebut juga menyampaikan kondisi tenda bagi jemaah yang menurutnya tidak ramah lansia. Jemaah lansia harus naik turun tangga di tenda tersebut.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Trending