search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Korut Kelaparan Hebat, Orang Kayanya Sibuk Makan Sup Anjing
Rabu, 27 Juli 2022, 09:08 WITA Follow
image

beritabali.com/cnbcindonesia.com/Korut Kelaparan Hebat, Orang Kayanya Sibuk Makan Sup Anjing

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Korea Utara (Korut) kini terancam kelaparan. Ini akibat kenaikan harga pangan dan stok makanan yang berkurang. Namun kelompok elit dan tajir masih bisa menikmati salah satu hidangan paling mahal di negara itu. Makanan tersebut adalah sup daging anjing.

Seorang sumber dari kota Chongjin, Provinsi Hamgyong Utara mengatakan kekurangan pangan meluas setelah adanya larangan impor dari awal pandemi Covid-19 pada Januari 2020. Harga bahan pangan seperti beras, jagung, dan tepung terus naik.

"Warga frustrasi karena mereka menderita," katanya dengan syarat anonimitas untuk alasan keamanan kepada Radio Free Asia (RFA), dikutip Selasa (26/7/2022).

Tetapi pejabat tinggi pemerintah dan kelas kaya, berbeda. Mereka, menurutnya, sibuk mencari restoran daging anjing untuk dinikmati.

"Mereka hanya mengurus diri mereka sendiri," katanya lagi.

Ia merujuk ramainya restoran daging anjing paling populer di Chongjin dan di tempat lain selama musim panas. Menurutnya banyak pelanggan datang dari kalangan militer dan pejabat Partai Buruh yang berkuasa.

"Sejak musim panas lalu, Restoran Kyongsong Dangogi telah beroperasi di gedung tradisional Korea berlantai dua di Pohang Square Chongjin. Saat hari-hari panas di musim panas dimulai, orang-orang datang (ke restoran) untuk memakan daging anjing," jelasnya.

Kyongsong sendiri merupakan restoran daging anjing terbesar kedua di Korut setelah Restoran Dangogi Pyongyang di Jalan Tongil di Pyongyang. Harga daging anjing sendiri dua kali lipat dari daging babi.

 

"Saya percaya (mantan pemimpin) Kim Jong Il memberi restoran itu namanya. Dia disuguhi sup daging anjing setiap kali dia datang ke provinsi Hamgyong Utara, dan tinggal di sebuah hotel di dalam restoran Kyongsong yang memiliki pemandangan indah," tambahnya.

"Sup (daging anjing) berharga 12.000 won (Rp199 ribu) untuk satu mangkuk, kira-kira seharga dua kilo beras," beber sumber tersebut seraya menyebut nama makanannya dangogi-jang.

Hal sama juga dikatakan seorang sumber lain dari Kabupaten Uiju, Provinsi Pyongan Utara. Ia mengatakan ada banyak elit yang mengkonsumsi daging anjing termasuk aparat Kementerian Keamanan Negara dan penegak hukum.

Meski tak lazim dikonsumsi, daging anjing dianggap oleh beberapa orang sebagai makanan lezat musim panas dengan khasiat penambah kejantanan dan obat. Sumber itu pun percaya bahwa hidangan dangogi-jang dapat membantu menyembuhkan ibunya yang sakit.

"Pada 16 Juli, hari pertama dari tiga hari terpanas di musim panas, untuk pertama kalinya dalam lima tahun, saya mengunjungi restoran daging anjing bersama ibu saya, yang menderita demam dan sangat lemah," katanya.

"Butuh waktu lama bagi ibu saya untuk memakan semangkuk supnya karena giginya lemah. Jadi ketika pelanggan lain selesai makan dan pelanggan baru menggantikannya, saya mengenali wajah beberapa pejabat terkenal daerah Uiju," lanjutnya.

Daging anjing memang tersedia di restoran-restoran di Korut, termasuk Korea Selatan (Korsel). Tetapi legalitas perdagangan daging anjing masih dipertanyakan di Seoul.

Pengadilan Korsel pada 2018 memutuskan bahwa membunuh anjing untuk diambil dagingnya adalah ilegal. Namun undang-undang tersebut tidak secara khusus melarang penjualan atau makan daging tersebut.(sumber: cnbcindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami