search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Meteorit Pertama Muncul di Skotlandia dalam 100 Tahun
Jumat, 16 September 2022, 07:48 WITA Follow
image

bbn/Suara.com/Meteorit Pertama Muncul di Skotlandia dalam 100 Tahun

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Sebuah meteorit terlihat di atas Skotlandia pada Rabu (14/9/2022) malam waktu setempat, dapat dinamai menurut nama Ratu Elizabeth II. Penampakan bersejarah itu diyakini sebagai meteorit pertama di atas Skotlandia dalam lebih dari 100 tahun.

Para ahli mengatakan, benda itu mungkin membakar puing-puing ruang angkasa atau meteorit, tetapi tidak mirip dengan cara terfragmentasi.

Meteorit dinamai menurut lokasi di mana mereka ditemukan, jadi para ilmuwan berharap itu ditemukan di Taman Hutan Ratu Elizabeth di Dataran Tinggi Skotlandia pada Senin (19/9/2022), hari pemakaman Ratu.

Video beredar di masyarakat,  menunjukkan seberkas cahaya melintasi langit selama sekitar 10 detik.

Dr ine O'Brien, seorang ilmuwan planet di Universitas Glasgow dan anggota dari Aliansi Bola Api Inggris, mengatakan dia rindu melihat meteorit itu sendiri saat dia merayakan menyelesaikan PhD-nya, tetapi mengatakan ilmuwan warga dan spesialis "penyihir" sedang menyisir  rekaman hari ini.

"Kami belum pernah melihat meteor Skotlandia selama lebih dari 100 tahun.  Kami memiliki teks yang mengatakan 'betapa menakjubkannya jika ditemukan di Taman Hutan Ratu Elizabeth pada hari Senin," ujarnya.

Menurut dia, benda itu jatuh di atas Skotlandia, di mana Ratu Elizabeth II meninggal.

"Jika kami menemukannya pada hari Senin, itu akan menjadi sempurna.  Itu adalah momen yang indah, hal utama tentang hal-hal ini adalah publik melihat bintang-bintang. Ini menyatukan orang-orang dari peristiwa-peristiwa surgawi ini," terang Dr ine O'Brien.

Objek misterius itu mungkin telah mendarat di Atlantik, selatan Hebrides, karena lintasannya atau di sebuah pulau, atau di Laut Irlandia.

Pantai Barat Skotlandia adalah kemungkinan lain

“Kami pikir itu puing-puing luar angkasa atau meteor tetapi tidak sepenuhnya pasti.  Jika itu adalah puing-puing luar angkasa, itu akan menjadi bagian dari pesawat ruang angkasa yang terbakar atau batu atau debu luar angkasa," tambah Dr O'Brien.

“Kemungkinan besar itu meteor.  Itu datang pada sudut yang dangkal yang memberinya garis panjang.  Itu berlangsung sekitar 10 detik, orang-orang melihatnya dari mana-mana,” tuturnya dilansir laman Independent, Jumat (16/9/2022).

Pengguna media sosial berspekulasi bahwa bola api itu adalah momen surgawi yang dikirim oleh Ratu.

Dr O'Brien, yang berasal dari Newcastle, mengatakan bahwa fakta bahwa ini telah terjadi minggu ini sepanjang waktu membuatnya menjadi sangat istimewa. 
Menurutnya, ini adalah momen surgawi yang sangat penting, yang terjadi dalam minggu yang sangat penting bagi negara.

“Jika itu berarti satu anak yang melihatnya tertarik pada sains, saya akan senang,” ungkap dia.

Jaringan Meteor Inggris mengonfirmasi bahwa mereka telah menerima hampir 800 laporan tentang bola api misterius pada Rabu malam.

Jaringan itu mengatakan sedang "menyelidiki untuk memastikan apa objek itu, meteor atau puing-puing luar angkasa", menambahkan bahwa sebagian besar laporan datang dari Skotlandia dan Irlandia Utara. 

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami