search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Palu untuk KTT ASEAN 2023 Dibuat Pematung Singapadu Gianyar, Prosesnya Diiringi Doa
Sabtu, 13 Mei 2023, 12:35 WITA Follow
image

beritabali/ist/Palu untuk KTT ASEAN 2023 Dibuat Pematung Singapadu Gianyar, Prosesnya Diiringi Doa.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Pematung asal Desa Singapadu, Kecamatan Sukawati, I Made Sugiantara alias Cong De menghasilkan karya yang penting. Saat acara KTT ASEAN ke-42 2023 di Labuan Bajo, NTT, palu yang diketok oleh presiden RI Joko Widodo sebagai pembuka acara dibuat oleh tangan Sugiantara.

Sugiantara membuat palu itu dari bahan awal. Dari kayu hingga sketsa dibuat sendiri. Untuk bentuk palu, dibuat secara umum mirip palu di pengadilan. Kemudian ditambah dengan alas palu serta kotak.

Setelah rampung, palu kemudian dikirim ke panitia acara KTT ASEAN. Atas kepercayaan yang diberikan kepadanya, Sugiantara mengaku bersyukur. 

“Sukseme (terima kasih, red) Hyang Widhi. Palu ini untuk bapak Presiden Jokowi kali ini untuk membuka sidang KTT ASEAN di Labuan Bajo,” ujarnya.

Dia mengaku, hasil buah tangannya itu hanya sebagian kecil dari perhelatan besar pimpinan negara se-ASEAN. “Sebuah karya kecil dari orang kecil,” imbuhnya.

Dia berharap, dari ketokan palu itu, membawa kebaikan bagi dunia selepas acara ASEAN yang telah berlangsung 11-12 Mei. “Teriring doa ketika membuatnya semoga ning nirmala rahayu pemikiran para pemimpin yang mendengar suaramu agar menghasilkan kebaikan bagi pertiwi,” pintanya.

Sugiantara bukan kali pertama membuat palu untuk hajatan besar. Sebelumnya, putra dari seniman Wayan Pugeg itu ikut andil saat KTT G20 November 2022. Buah karyanya berupa palu juga digunakan untuk palu pembuka KTT G20. 

“Untuk kedua kalinya diberi kesempatan  membuat palu gavel,” tutupnya. 

Editor: Robby

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami