search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pasokan Listrik PLTN Ukraina Pulih Usai Andalkan Generator
Senin, 10 Oktober 2022, 06:35 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Pasokan Listrik PLTN Ukraina Pulih Usai Andalkan Generator

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di Zaporizhzhia, Ukraina yang kini dikuasai Rusia telah kembali mendapatkan pasokan listrik eksternal. Badan Energi Atom International (IAEA) mengatakan pada Sabtu (8/10) bahwa PLTN terbesar di Eropa itu telah kehilangan jalur pasokan listrik terakhir karena penembakan. 

PLTN mengandalkan generator diesel untuk operasional seperti mendinginkan reaktor.

"Setelah hampir dua hari mengoperasikan pompa pendingin darurat dari zona aktif reaktor dengan daya dari generator diesel, staf operasional memulihkan rejimen normal untuk menyalakan kebutuhan pembangkit listrik dari sistem energi Ukraina," kata Energoatom, perusahaan nuklir Ukraina, diberitakan Reuters, Minggu (9/10).

Rafael Grossi, Kepala IAEA, yang memiliki dua pengawas di PLTN itu mengonfirmasi pasokan listrik telah dipulihkan.

"Tim kami di #Zaporizhzhya mengonfirmasi bahwa saluran listrik yang hilang kemarin sudah direstorasi & #ZNPP terhubung kembali ke jaringan - kelegaan sementara dalam situasi yang masih tidak dapat dipertahankan," kata Gross di Twitter.

Pasukan Rusia sudah menduduki PLTN Zaporizhzhia sejak mulai menginvasi Ukraina pada Februari lalu. Meski demikian operator Ukraina tetap berada di lokasi.

Rusia dan Ukraina telah saling menyalahkan atas penembakan di lokasi PLTN itu yang sudah merusak bangunan dan menimbulan kekhawatiran potensi bencana nuklir. Listrik telah dipadamkan di PLTN beberapa kali sejak Agustus.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami