search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Teh Untuk Penderita Diabetes, Bantu Kontrol Kadar Gula Darah
Rabu, 15 November 2023, 06:08 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Teh Untuk Penderita Diabetes, Bantu Kontrol Kadar Gula Darah

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Apa penderita diabetes boleh minum teh? Boleh saja. Bahkan ada beberapa jenis teh untuk penderita diabetes yang bisa membantu mengontrol kadar gula darah.

Untuk orang sehat, minum teh hitam, teh hijau, dan teh oolong bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2. Melansir dari CNN, studi dari China ini menemukan risiko diabetes turun sampai 17 persen.

Rupanya manfaat teh juga bisa dirasakan mereka yang sudah mengidap diabetes.

Teh untuk penderita diabetes

Teh mengandung antioksidan yang mampu melawan radikal bebas sehingga stres oksidatif bisa berkurang. Stres oksidatif inilah yang memicu beragam penyakit termasuk diabetes dan penyakit jantung.

"Teh adalah pilihan tepat untuk penderita diabetes yang mana teh bebas kalori, memberikan hidrasi dan antioksidan," kata Lori Zanini, ahli diet yang berbasis di AS, mengutip dari Everyday Health.

1. Teh hitam

Teh hitam ternyata punya manfaat buat penderita diabetes. Riset pada hewan menemukan teh hitam dapat mengurangi penyerapan karbohidrat. Oleh karenanya, teh hitam meningkatkan kontrol gula darah.

Selain itu, studi lain pada 2017 menemukan minum teh hitam setelah mengonsumsi gula membantu mengontrol glukosa darah.

2. Teh jahe

Teh jahe mampu memberikan sensasi segar dan hangat. Buat penderita diabetes, teh satu ini memberikan manfaat lebih.

Tinjauan pada 2015 menunjukkan suplementasi jahe menurunkan kadar glukosa darah puasa pada penderita diabetes tipe 2.

Melansir dari Everyday Health, studi kecil pada 2015 mengamati, konsumsi suplemen jahe selama 3 bulan meningkatkan kontrol glikemik.

Jahe bekerja dengan menghambat enzim yang terlibat dalam proses metabolisme karbohidrat dan meningkatkan sensitivitas insulin.

3. Teh hijau

Teh hijau termasuk teh untuk penderita diabetes. Berdasar uji meta-analisis pada 2020, konsumsi teh hijau terbukti sedikit menurunkan kadar gula darah puasa.

Melansir dari Eating Well, katekin pada teh dapat menghalangi penyerapan karbohidrat selama proses pencernaan.

4. Teh kayu manis

Anda bisa minum teh apa pun tapi tambahkan sejumput bubuk kayu manis. Kayu manis bisa menjaga kestabilan gula darah dan menjauhkan keinginan makan. Secara tidak langsung, kayu manis bisa menjaga berat badan.

Melansir dari Healthshots, teh kayu manis bisa dibuat dengan merebus secangkir air bersama setengah sendok teh kayu manis atau kayu manis tumbuk. Saring rebusan air dan nikmati teh.

5. Teh kunyit

Kurkumin merupakan komponen utama kunyit. Kurkumin terbukti meningkatkan efek pengobatan diabetes dengan membantu mengontrol kadar insulin. Oleh karenanya, teh kunyit jadi salah satu teh untuk penderita diabetes.

Cara membuat teh kunyit terbilang sederhana. Kunyit cukup diiris tipis lalu rebus bersama segelas air. Setelah mendidih selama beberapa saat, angkat dan saring. Teh kunyit siap dinikmati.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami