search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
The Fed Kerek Suku Bunga, BI Diminta Naikkan Suku Bunga 25-50 Bps
Kamis, 16 Juni 2022, 15:55 WITA Follow
image

bbn/Liputan6.com/The Fed Kerek Suku Bunga, BI Diminta Naikkan Suku Bunga 25-50 Bps

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Bank Sentral Amerika Serikat, The Fed resmi mengerek suku bunga acuan mereka sebesar 75 basis poin (bps) atau 0,75 persen. Kenaikan suku bunga ini menjadi yang terbesar sejak 1994.

Kenaikan suku bunga acuan dalam jumlah besar ini sekaligus sinyal dari The Fed akan langkah agresif yang akan ditempuh untuk menahan inflasi di Amerika Serikat yang terus mendaki di luar perkirakan.

Kondisi ini pun sedikit membuat ancaman bagi sektor keuangan nasional. Ekonom Digital of Reform on Economic Piter Abdullah mengatakan kenaikan suku bunga The Fed yang begitu tinggi akan membuat spread yield surat-surat berharga akan menyempit dan berpotensi mendorong keluarnya modal asing.

"Kalau BI tidak segera menaikkan suku bunga acuan, saya perkirakan modal asing akan keluar, walaupun tidak besar karena porsi modal asing di dalam negeri memang sudah menurun," kata Piter saat dihubungi Suara.com, Kamis (16/5/2022).

Tapi yang jadi persoalan kata Piter ketika adanya aliran keluarnya modal asing, tentunya juga akan diikuti dengan tidak adanya aliran modal asing yang masuk. "Jelas kondisi ini akan menekan nilai tukar rupiah. rupiah bisa melemah, indeks harga saham pasti akan terkoreksi, harga SUN akan turun, pembiayaan fiskal akan sulit," katanya.

Sehingga dirinya menyarankan agar Bank Indonesia (BI) bisa segera memitigasi dampak yang akan timbul dengan naiknya suku bunga The Fed. Dikatakan Piter, BI juga harus ikut menyesuaikan kenaikan yang dilakukan The Fed.

"Jadi saya kira yang harus dilakukan oleh BI adalah segera melakukan penyesuaian suku bunga acuan menaikkan BI7DRR setidaknya 25 atau bahkan 50 bps," kata Piter.

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami