Kesehatan

Empat Manfaat Rendaman Bawang Putih dan Madu Bagi Kesehatan Tubuh

 Selasa, 04 Juli 2023, 23:33 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/Empat Manfaat Rendaman Bawang Putih dan Madu Bagi Kesehatan Tubuh

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Tak dimungkiri bahwa bawang putih dan madu memiliki banyak manfaat kesehatan. Kombinasi keduanya bisa menciptakan khasiat yang lebih baik, salah satunya adalah rendaman bawang putih dan madu. Lantas apa saja manfaat rendaman bawang putih dan madu?

Bawang putih dan madu telah digunakan dalam pengobatan tradisional di seluruh dunia.

Bahan kesehatan utama dalam bawang putih adalah allicin. Allicin mengandung oksigen, sulfur, dan bahan kimia lainnya yang memberikan sifat antibakteri dan melawan penyakit pada bawang putih.

Sementara madu secara alami mengandung antioksidan tinggi yang disebut flavonoid dan polifenol. Bahan kimia ini membantu melawan peradangan dalam tubuh. Hal ini dapat membantu menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit tertentu.

Anda bisa membuat rendaman bawang putih dan madu dengan cara memasukkan siung bawang putih utuh yang sudah dikupas ke dalam setoples yang bersih.

Tuang madu di atas bawang putih dan aduk hingga tercampur. Pastikan bawang putih sudah terendam dalam madu. Kemudian tutup setoples dan diamkan pada suhu ruang selama beberapa minggu hingga satu bulan sebelum digunakan.

Berikut beberapa manfaat rendaman bawang putih dan madu.

1. Memiliki sifat antibakteri

Menurut uji laboratorium, bawang putih dan madu memiliki sifat antibakteri yang mampu menghentikan pertumbuhan beberapa jenis bakteri, terutama bakteri yang menyebabkan penyakit seperti pneumonia dan keracunan makanan.

Awalnya, kedua bahan ini diuji secara terpisah. Namun ketika dikombinasikan, ternyata manfaat antibakterinya jauh lebih baik lagi. Rendaman bawang putih dan madu bisa menghentikan atau membuat pertumbuhan bakteri jadi lebih lambat.

Penelitian laboratorium lainnya juga menunjukkan bahwa kombinasi ekstrak bawang putih dan madu bisa mencegah infeksi bakteri yang tak bisa diatasi oleh obat antibiotik biasa.

2. Memiliki sifat antivirus

Rendaman bawang putih campur madu juga memiliki sifat antivirus. Artinya, kombinasi kedua bahan alami ini dapat menghentikan pertumbuhan virus sehingga melawan infeksi seperti flu, pilek, dan penyakit lain yang disebabkan oleh virus.

Melansir Healthline, sebuah uji laboratorium menemukan bahwa madu Manuka mampu menghentikan pertumbuhan virus flu. Para peneliti menyimpulkan bahwa madu, terutama madu Manuka, bekerja hampir sama baiknya dengan obat antivirus untuk melawan virus flu.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Kesehatan Lainnya :


Berita Lainnya :


Trending