search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Ditemukan Sarkopagus di Areal Tanah Galian
Sabtu, 16 Februari 2008, 18:17 WITA Follow
image

image.google.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BULELENG.

Penemuan sebuah benda bersejarah purbakala, berupa Sarkopagus (kubur batu), Sabtu (16/2) menggegerkan warga Desa Alassangker, Buleleng. Sarkopagus tersebut ditemukan di areal tanah galian milik Gede Suara, warga setempat.

Benda yang terbuat dari batu tersebut ditemukan pertama kali oleh Gusti Lanang Arnawa (44), saat sedang mengamati tebing bekas galian milik Gede Suara yang memang berada di pinggir jalan Desa Alasangker.“Di bekas galian, saya temukan tiga guci terbuat dari tanah liat, satu masih utuh, dua lagi sudah rusak,” ungkap Gusti Lanang Arnawa.

Belum sempat payuk itu dikeluarkan dari dalam tanah, Gusti Lanang sudah dikagetkan kembali dengan penemuan benda yang bentuknya lebih aneh. Benda berbentuk peti mati itu ditemukan tak jauh dari guci yang ditemukan sebelumnya.“Saya kemudian mengajak seorang teman, Sariada, untuk menggalinya,” cerita Lanang Arnawa.

“Didalam benda ditemukan serpihan gigi dan tulang, sehingga kuat dugaan benda itu sebuah batu kubur dari zaman lampau, lantas saya laporkan ke Polres Buleleng,” ujar Gusti Lanang Arnawa.

 

Polisi yang menerima laporan masyarakat langsung mendatangi lokasi penemuan benda purbakala dan memasang 'police line' di sekitar lokasi. Dan untuk mengungkap asal-usul benda purbakala tersebut, rencananya polisi akan mendatangkan pakar Arkeologi dari Denpasar. 

Reporter: bbn/sas



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami