search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
IPG Indonesia Ditarget Masuk 5 Besar
Selasa, 26 Mei 2009, 14:25 WITA Follow
image

images.google.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Pemerintah menargetkan tingkat Indeks pembangunan gender (IPG) Indonesia berada pada rangking 5 besar di kawasan Asean pada 2015. Berdasarkan data lembaga program pembangunan dunia (UNDP) indeks pembangunan gender Indonesia pada tahun 2007 masih berada pada posisi 94 dari 177 negara di dunia. Sedangkan untuk kawasan Asean Indonesia berada pada peringkat 7.

Sekretaris Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan Koensatwanto Inpasiharjo pada keteranganya di Kuta (26/5) mengatakan rendahnya indeks pembangunan gender di Indonesia terjadi karena masih adanya diskriminasi dalam bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi pada perempuan di Indonesia. Seperti terlihat dari jumlah butha huruf di Indonesia yang didomonasi oleh kaum perempuan.

“Kalau dulu itu jumlah perempuan yang tidak bisa baca dua kali dibandingkan dengan laki-laki. Pada dasarnya laki-laki dan perempuan adalah sama yang beda adalah kodratinya” jelas Koensatwanto Inpasiharjo.

Koensatwanto Inpasiharjo menambahkan rendahnya indeks pembangunan gender juga diakibatkan oleh salah pengertian terhadap gender. Dimana masih ada masyarakat yang memandang isu gender sebagai isu jenis kelamin atau
sesuatu yang berkaitan dengan perempuan.

Padahal gender adalah pandangan masyarakat tentang perbedaan peran, fungsi dan tanggunngjawab antara laki-laki dan perempuan yang merupakan hasil dari konstruksi sosial.

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami