search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pemerintah Siapkan Komite Perbatasan
Kamis, 23 Juni 2011, 20:04 WITA Follow
image

Beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Guna mempercepat penyelesaian masalah perbatasan dengan negara tetangga, Pemerintah membentuk komite perbatasan. Pembentukan komite perbatasan bersama dan perbatasan umum tersebut sebagai kerangka penyelesaian masalah lintas batas, baik darat maupun laut.

Wakil Menteri Luar Negeri Triyono Wibowo pada keterangannya di sela-sela Konferensi Tahunan ke-35 Hukum Laut dan Kebijakan Maritim Internasional di Nusa Dua Bali menyampaikan komite perbatasan juga bertugas memfasilitasi aktifitas social-ekonomi masyarakat di perbatasan. Termasuk tugas mewujudkan target pemerintah yaitu mempercepat pembangunan wilayah perbatasan.

Kami memutuskan untuk mempercepat pembangunan sosial dan ekonomi daerah perbatasan dengan memperkuat koordinasi antar lembaga. Pemberdayaan komunitas-komunitas akan mengurangi kesenjangan sosial ekonomi antara masyarakat yang tinggal di seberang perbatasan,  papar Triyono Wibowo, Kamis (23/6).

 



Triyono Wibowo menambahkan permasalahan perbatasan kini tidak sebatas masalah batas wilayah dengan negara tetangga, tetapi tantangan yang lebih berat yaitu masalah pembajakan, eksploitasi sumber-sumber genetic, perlindungan maritime dan dampak perubahan iklim.

Disisi lain pemerintah juga memiliki tugas untuk meningkatkan kapasitas domestik dari aspek keselamatan navigasi hingga keamanan maritime. 

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami