search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pengawasan PPI Sangsit Diperketat
Rabu, 7 September 2011, 10:39 WITA Follow
image

Beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BULELENG.

Pelabuhan Pendaratan Ikan, PPI Sangsit yang berlokasi di Dusun Pabean, Desa Sangsit Kecamatan Sawan, seminggu setelah lebaran mendapat pengawasan yang ditingkatkan dengan memperketat pengawasan arus masuknya Kapal Layar Motor di Pelabuhan yang merupakan pintu masuk dari Kepulauan Sepeken Madura.

Pengawasan yang dilakukan, tidak saja melibatkan Kepolisian dan Syahbandar Pelabuhan, namun berbagai Instansi terkait juga terlibat didalamnya untuk melakukan pemantauan barang-barang yang masuk dan juga mengantisipasi masuknya penduduk pendatang tanpa identitas yang jelas masuk ke Bali, seperti terlihat Rabu (7/9) di PPI Sangsit, terlihat anggota Polsek Sawan bersama Syahbandar, Petugas dari Dinas Pertanian dan Peternakan, Dinas Perikanan dan Keluatan dan Dinas Kesehatan turun langsung melakukan pemantauan dan pengecekan saat sebuah Kapal Layar Motor Jawa Indah merapat di PPI Sangsit dari Sepeken Madura.

Syahbandar Pelabuhan Pendaratan Ikan, PPI Sangsit, Safiudin mengatakan, prioritas pengamanan dan pengawasan yang dilakukan dengan meningkatkan pemantauan secara langsung saat dilakukan bongkar muatan termasuk mengidentifikasi adanya penumpang didalam Kapal Layar Motor.

“Yang menjadi prioritas sekarang akhir-akhir inikan masalah mudik, jadi itu yang sangat kami utamakan dan juga mengenai masalah pendatang terkait ketertiban adiministrasi juga kita lakukan pemeriksaan, kita sambil mengecek barang dengan melibatkan kepolisian dan instansi terkait melakukan antisipasi lebih dini,” papar Safiudin.

Sejak beberapa hari dilakukan pengawasan, Kepolisian belum menemukan adanya penumpang di Kapal Layar Motor yang telah masuk dan berlabuh di PPI Sangsit,” belum ada penumpang orang yang kami temukan didalam kapal, nampaknya setelah kita melakukan berbagai penindakan secara hokum atas sejumlah pelanggaran di PPI Sangsit, Syahbandar di Sepeken Madura mengeluarkan larangan Kapal untuk mengangkut penumpang,” ungkap Kapolsek Sawan, AKP Nyoman Kartika.

Walaupun belum menemukan adanya penumpang yang berada di Kapal barang itu, Polsek Sawan tetap menempatkan sejumlah personilnya untuk berjaga-jaga disekitar Kawasan Pelabuhan Rakyat di Desa Sangsit tersebut.

“Namanya antisipasi harus kita lakukan sehingga secara tetap kita menempatkan personil baik yang berpakaian seragam maupun preman di Kawasan PPI Sangsit ini termasuk beberapa lokasi yang rawan penyusupan di sepanjang Pantai di Kecamatan Sawan,” tegas Kartika.

 

Dari pantauan di lokasi Pelabuhan Pendaratan Ikan, PPI Sangsit aktifitas bongkar muatan dari atas kapal berjalan dengan normal yang melibatkan puluhan buruh pelabuhan, hanya saja barang-barang yang diturunkan dari Kapal tersebut diawasi langsung sejumlah petugas termasuk melakukan pengecekan penumpang, disisi lain, belum optimalnya keberadaan Dermaga PPI Sangsit, Kapal yang datang melakukan bongkar muat di luar dermaga lantaran belum adanya fasilitas jalan menuju langsung ke dermaga. 

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami