search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Belanja Online Kedepan Akan Semakin Booming
Minggu, 5 Mei 2013, 08:44 WITA Follow
image

Beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Perdagangan konvensional kedepan secara perlahan akan mulai berkurang dan ditinggalkan. Bisnis online dengan dukungan IT yang bagus di masa mendatang prospeknya akan semakin bagus mengalahkan toko maupun pusat perbelanjaan. Hal itu disampaikan Arnold Sebastian Egg yang merupakan pendiri situs jual beli tokobagus.com, yang kini sudah menjadi rujukan belanja melalui online.

Arnold yang merupakan Warga Negara Belanda yang kini telah menjadi Warga Negara Indonesia dan ahli Information Technology (IT) lulusan Washington DC, Amerika Serikat itu berkeyakinan bisnis online dengan dukungan IT yang bagus dimasa mendatang prospeknya akan semakin bagus mengalahkan toko maupun pusat perbelanjaan seperti mall.

"Kedepan perdagangan melalui toko off line akan berubah ke entertainment. Nantinya konsumen akan belanja online semua," ujarnya ketika ditemui usai acara Techno Party yang digelar STMIK Primakara, di Hotel Aston Denpasar, Minggu (5/5/2013).

Meski prospek bisnis di bidang IT masih sangat bagus dan sangat tinggi, namun sayang Arnold mengaku ketersediaan sumber daya manusia yang berkualitas di Indonesia maupun di Bali masih kurang.

"Talent dan sekolah bidang IT yang bagus masih kurang di Bali. Ini yang menjadi alasan kenapa saya memindahkan bisnis saya dari Bali ke Jakarta, karena SDM IT berkualitas di Bali masih kurang," jelasnya.

Selama ini pariwisata Bali, kata Arnold masih fluktuatif. Menurutnya, kalau ada lebih banyak bisnis online di Bali maka pariwisata Bali bisa lebih hidup.

"Bali sangat cocok untuk bisnis online, tinggal talent. Kunci bisnis online utamakan customer dan kita tanya apa mau mereka," imbuhnya.

Arnold yang kini mendirikan Online Travel Agent (OTA) yakni www.happyholiday.to, dimana pemesanan kamar hotel dapat dilakukan  dengan harga yang fantastis dengan jaringan 120 ribu hotel di seluruh dunia menuturkan bisnis online di bali belum booming akibat belum biasa dengan IT.

"Semua orang bisa jadi tecnopreuner, tinggal tunggu waktu saja. Tidak susah bikin usaha karena tidak harus buka toko. Kita punya spesial posting saja sudah luar biasa," ucapnya optimis.

Sementara itu, I Putu Agus Swastika, M.Kom yang juga pemilik media online ini menyatakan ia bersama rekannya Made Artana yang juga seorang Technopreneur menyiapkan sumber daya manusia bidang IT yang memiliki jiwa dan kemampuan utk menjadi seorang technopreneur dengan mendirikan STMIK Primakara.

 



"Nantinya lulusan STMIK Primakara akan memiliki kemampuan untuk membuka usaha sendiri. Selama menjalani kuliah di kampus para mahasiswa akan di didik untuk bisa menjadi seorang technopreneur atau pebisnis. Sehingga setelah lulus tidak akan sulit mencari pekerjaan, tapi malah menyediakan lapangan kerja untuk orang lain," paparnya.

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami