search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Katak Menelan Ular Terabadikan dalam Foto
Sabtu, 21 Oktober 2017, 06:00 WITA Follow
image

ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Beritabali.com, Jakarta. Sulit untuk tidak bersimpati terhadap ular ketika hewan tersebut meluncur dari kerongkongan menuju perut lengket katak karnivora.
 
Foto di atas diambil pada momen yang begitu tepat: menampilkan interaksi alam yang aneh ketika seekor ular tengah ditelan oleh amfibi hijau besar.
 
[pilihan-redaksi]
Mengutip National Geographic, dalam foto yang diunggah di situs Reddit dengan judul One Last Scream Into the Abysssss itu, tampak rahang menganga milik seekor ular, dengan nafas terakhirnya, berhasil mencuat keluar dari kerongkongan katak.
 
Meski kembali populer baru-baru ini, foto tersebut sebenarnya sudah ada sejak beberapa tahun lalu. Kemungkinan besar diambil di Australia.
 
Ahli biologi konservasi dari National Geographic Explorer, Jodi Rowley, mengidentifikasi amfibi itu sebagai katak pohon hijau Australia, Litoria caerulea. Katak tersebut dapat ditemukan di seluruh wilayah Australia dan Papua Nugini. Individu betinanya bisa tumbuh hingga sepanjang 10 cm, sedangkan pejantannya berukuran lebih kecil, yaitu sekitar 7 cm.
 
Biasanya, amfibi memangsa serangga, namun telah lama diketahui bahwa mereka terkadang juga mencari mangsa yang lebih besar, seperti tikus atau katak lain.
 
"Hal ini berkaitan dengan mangsa yang lebih kecil dari ukuran mulut dan bergerak melintasi bidang pandang katak," kata Karen Lips, ahli biologi konservasi di University of Maryland.
 
Dia menjelaskan bahwa sebagian besar amfibi, reptil, dan ikan menelan makanan mereka bulat-bulat. Jadi, tak heran jika sering terlihat perut predator yang menonjol atau mangsa yang bergerak-gerak saat masih di dalam mulut.
 
Karena ular bertubuh panjang dan tipis, katak mungkin kesulitan untuk menelannya sekaligus, jelas Lips. Sang fotografer kemungkinan mengambil foto ini ditengah-tengah proses menelan, dan saat itu, ular melakukan upaya terakhirnya untuk membebaskan diri.
 
Untuk memastikan apakah ular merupakan makanan umum katak cukup sulit. Tanpa mengetahui asal-usul foto, tidak jelas apakah foto tersebut diambil di penangkaran atau di alam liar. Sejumlah spesies katak pernah tertangkap kamera sedang menelan ular yang ukurannya berkali lipat dari tubuhnya sendiri.
 
Tapi foto ini, mungkin satu-satunya yang mengabadikan momen seekor ular yang berusaha keluar dari tenggorokan katak.[bbn/idc/wrt]

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami