search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
PVMBG Sebut 50% Kawah Gunung Agung Sudah Terisi Material Erupsi
Senin, 2 Juli 2018, 16:25 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Beritabali.com,Karangasem. PVMBG merilis hasil dari pemantauan citra satelit yang menunjukkan bahwa erupsi efusif berupa aliran lava ke dalam kawah masih berlangsung hingga saat ini.
 
[pilihan-redaksi]
Dalam rilis itu disebutkan, pada periode 28 Juni hingga 1 Juli 2018, diamati lava baru mengalir keluar dari tengah kawah dan menyebar secara radial (melingkar) dengan volume pada kisaran 4 sampai 5 juta meter kubik.
 
Sejak erupsi 21 November 2017 hingga 1 Juli 2018, volume total kubah lava sudah mencapai sekitar 27 sampai 28 juta meter kubik atau hampir 50% dari kawah Gunung Agung yang memiliki volume kosong sekitar 60 juta meter kubik. Jadi saat ini, diperkirakan kawah Gunung Agung sudah terisi material erupsi sekitar 30 juta meter kubik. 
 
[pilihan-redaksi2]
Sementara itu terkait kemungkinan berapa lama kawah Gunung Agung akan terisi penuh, Menurut Kasubid Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur, Dr. Devi Kamil Syahbana saat dikonfirmasi pada Senin (02/07) mengatakan, pihaknya saat ini belum bisa memperkirakan butuh waktu berapa lama kawah akan terisi penuh hal tersebut dikarenakan laju lavanya masih fluktuatif tidak sama jumlahnya dengan yang keluar pada setiap erupsi terlebih dengan kondisi saat ini yang cenderung lambat.
 
"Belum bisa diperkirakan karena laju lavanya ngga sama, sekarang cenderung lambat," ujarnya.
 
Di sisi lain, dengan terisinya setengah kawah Gunung Agung, beda ketinggian antara bibir kawah terendah pada sisi barat daya dengan permukaan kubah lava tertinggi di tengah kawah saat ini adalah sekitar 85 sampai 90 meter. (bbn/igs/rob)

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami