search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Gubernur Koster Target Angka Partisipasi Siswa Sekolah Menengah Capai 95%
Senin, 26 November 2018, 14:35 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Gubernur Bali Wayan Koster akan menargetkan peningkatan angka partisipasi siswa untuk masuk sekolah menengah (SMA/SMK) dari tahun ini mencapai 73% menjadi 80% di akhir tahun 2019 sebagai bentuk realisasi terhadap wajib belajar 12 tahun di Bali.
 
"Secara eskplisitnya dalam UU memang belum ada, maka upayanya adalah dengan menaikkan angka partisipasi siswa ke sekolah menengah, dari 2019 sebesar 80%, 2020 sebesar 85% dan 2021 sebesar 95%," ungkapnya saat menghadiri peringatan hari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI)ke-73 di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya, Denpasar, Senin (26/11). 
 
 
Koster juga akan fokus dalam hal pengganggaran layanan pendidikan setelah pembiayaan infrastruktur terpenuhi pada akhir 2019. Selain itu, pihaknya akan membangun sekolah seperti Bali Mandara mulai tahun 2019 di wilayah Karangasem berikutnya menyusul Buleleng dan Jembrana. Perbedaannya, dalam sekolah tersebut nantinya pendidikan akan terintegrasi seperti dalam pesraman.   
    
Terkait dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) Bali yang unggul, Koster Menekankan perkuat kearifan lokal yakni dengan 2 komponen utama yakni jati diri dan integritas moral. Kearifan dalam bentuk sastra dan lontar, menurutnya sebagai sumber acuan membangun SDM Bali, selain juga perlu dibentuk kompetensi dan profesionalitasnya.
 
"Sedari dulu warga Bali yang merantau ke luar daerah atau negeri sudah mempunyai keunggulan, apalagi dibentuk dalam materi kurikulum, akan lebih unggul lagi," ujarnya. (bbn/rob)

Reporter: bbn/rob



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami