search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Banyak Spekulasi Volume Kawah Gunung Agung, Kepala PVMBG Beberkan Fakta
Senin, 22 April 2019, 15:50 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Beritabali.com, Karangasem. Kondisi Kawah Gunung Agung pasca beberapa kali erupsi sejak awal tahun 2019 mengundang berbagai spekulasi terutama setelah beredarnya beberapa foto kondisi kawah Gunung Agung yang diambil oleh beberapa pendaki nekat yang menerobos zona perkiraan bahaya yang direkomendasikan.
 
[pilihan-redaksi]
Tentu saja, spekulasi yang hasilkan membuat warga masyrakat awam sedikit khawatir terutama bagi para petani dan peternak yang tinggal di kawasan rawan bencana (KRB) III, II dan I. 
 
Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kasbani langsung mementahkan berbagai spekulasi yang beranggapan bahwa volume kawah Gunung Agung nyaris penuh dan hanya tinggal beberapa meter lagi dari puncak dinding kawah pasca serangkaian erupsi yang terjadi.
 
 
[pilihan-redaksi2]
Menurut Kasbani, volume kawah Gunung Agung saat ini masih dikisaran 20 juta meter kubik. Dengan jumlah tersebut, volume kawah saat ini belum sampai setengahnya apalagi sampai menyentuh puncak dinding kawah. 
 
“Volume kawah masih sama, masih sekitar 90 sampai 100 meter. Meskipun ada penambahan itu hanya sedikit dan belum terlalu signifikan,” kata Kasbani.
 
Disamping itu, Kasbani juga menjelaskan hasi pengukuran sementara dari analisa seismik dan data–data deformasi juga belum menunjukkan tanda–tanda adanya tekanan yang mengarah untuk terjadi erupsi besar sehingga untuk saat ini PVMBG masih menetapkan status Gunung Agung di level 3 siaga. (bbn/igs/rob)

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami