search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Polda NTB Musnahkan Bom Mortir Sisa Perang Dunia II
Kamis, 10 Oktober 2019, 20:40 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Pemusnahan massal sejumlah barang bukti (BB) dan bahan peledak, dilakukan jajaran Polda NTB di Lapangan Mako Brimob NTB, Kamis (10/10). 

[pilihan-redaksi]
Barang Bukti dan bahan peledak berupa granat nanas dan bom ikan serta detonator, sebagian merupakan peninggalan Perang Dunia II, serta hasil dari ungkapan masing-masing Polres seluruh NTB. 

Kapolda NTB, Irjen Pol Drs Nana Sudjana mengatakan, mengacu pada perintah Kapolri, dimana diketahui pada tanggal 4 September 2011 pernah terjadi ledakan di gudang penyimpanan bahan peledak, di wilayah Polda Jawa Tengah.

"Yang kita pikirkan adalah dampak dari ledakan itu, apalagi kalau terjadinya dekat pemukiman penduduk," terang Irjen Nana. 

[pilihan-redaksi2]
Oleh sebab itu papar Kapolda, melalui surat perintah Kapolri untuk Polda seluruh Indonesia, harus melakukan pemusnahan atau Disposal. Sehingga seluruh Polres di NTB mengumpulkan BB dan bahan peledak yang ada di masing-masing satuan kerja (satker). Lanjut dikumpulkan di Markas Dansat Brimob NTB.

Ada sekitar 2064 liter dari 2.000 detonator rakitan hasil pengungkapan. Kemudian 64 bahan peledak yang terdiri dari mortir dan pemilikan ini dilakukan pemusnahan. Disposal merupakan bahan peledak yang ada di Nusa Tenggara Barat. Dan rata-rata merupakan penemuan dari perang dunia dan sudah berusia ratusan tahun.

Reporter: bbn/lom



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami