search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pujawali Pura Pasar Agung Hanya Berlangsung 3 Hari
Jumat, 30 Oktober 2020, 21:00 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Pujawali pada Purnama Kelima tahun 2020 di Pura Pasar Agung, Desa Sebudi, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem hanya berlangsung selama tiga hari.

Seksi Informasi, Komunikasi dan Publikasi Pura Pasar Agung, I Wayan Suara Arsana saat dikonfirmasi Jumat (30/10/2020) mengatakan, karena Pandemi Corona, Pujawali Purnama Kelima kali ini dipersingkat.

"Untuk tahun ini, karena pandemi Pujawali berlangsung hanya selama 3 hari saja, hari ini tahapannya Nuhur Ide Batara, Mesucian Ring Palinggih, Mepepada, Ngolah Caru dan Menben Bakti Catur," kata Suara Arsana.

Untuk persiapan pujawali sendiri tahapannya sudah dimulai pada 28 Oktober 2020 yang diawali dengan upacara munggah sunari kemudian dilanjutkan ngias dan menjor pada 29 Oktober 2020.

Setelah Jumat (30/10/2020) hari ini dilaksanakan upacara Mesucian Ring Palinggih, Mepepada, Ngolah Caru dan Menben Bakti Catur, besok hari, Sabtu (31/10/2020) dilanjutkan upacara Ngaturang Pekelam Kepuser Tasik dan Puncak Pujawali Purnama Kelima.

Dijelaskan pria yang juga menjabat sebagai Perbekel Desa Amertabhuana tersebut, biasanya di tahun-tahun sebelumnya saat kondisi normal, Pujawali Purnama Kelima di Pura Pasar Agung berlangsung selama 11 hari lamanya, namun karena kondisi pandemi pujawali hanya berlangsung selama tiga hari dimana akan dilangsungkan upacara nyineb pada tanggal 3 November 2020 mendatang.

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami