search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
5 Fakta Mengejutkan Tentang Taj Mahal
Rabu, 20 Januari 2021, 11:50 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/5 Fakta Mengejutkan Tentang Taj Mahal

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Siapa yang tidak mengenal Taj Mahal? Bangunan megah yang menjadi ikon India ini sangat populer di kalangan wisatawan. Bangunan yang terletak di Agra, Uttar Pradesh, India ini dikatakan memiliki kisah unik di dalamnya. Rupanya selain memiliki kisah unik, terdapat beberapa fakta bangunan indah dengan kubah ini. Dikutip dari My Modern Met, berikut terdapat beberapa fakta menarik mengenai Taj Mahal. Fakta-fakta tersebut antara lain:

1. Terbuat karena kisah cinta

Dikatakan Taj Mahal merupakan bangunan yang dibangun untuk makam Mumtaz Mahal, yaitu istri dari Shah Jahan. Mumtaz merupakan istri ketiga dari Shah Jahan. Mereka bertunangan ketika Shah berumur 15 tahun dan Mumtaz 14 tahun.

Namun, keduanya menikah lima tahun kemudian. Hal itu berdasarkan pandangan keberuntungan seorang astrolog. Sambil menunggu lima tahun, Shah menikah dengan wanita lain.

Di samping itu ketika menikah dengan Mumtaz, ia menjaidi permaisuri utamanya. Pernikahan panjang mereka menghasilkan 14 anak dan pengamat pengadilan berusaha keras untuk menulis tentang pengabdian mereka satu sama lain.

Mumtaz juga merupakan orang kepercayaan dekat dan penasihat politik. Dia bahkan akan meninjau dokumen resmi pengadilan sebelum draf final mereka.

Mumtaz meninggal pada usia 38 tahun setelah perdarahan postpartum. Dikatakan bahwa Shah sangat terpukul. Awalnya tubuhnya ditempatkan di tempat lain, tetapi kemudian dimakamkan di Taj Mahal setelah pembangunannya selesai.

2. Dibutuhkan tentara untuk membuatnya

Taj Mahal diperesembahkan untuk Mumtaz, maka setiap detail harus dibuat dengan baik. Pekerja yang bekerja di setiap aspek Taj Mahal sekitar 22.000 orang. 

Selain itu, desain bangunan tersebut mengundang ribuan pelukis, seniman bordir, dan pemahat batu yang dapat melakukan pekerjaan rumit.

Dikatakan, lebih dari 1.000 gajah digunakan untuk membawa bahan bangunan, yang kemudian diangkut oleh lembu ke jalan tanah sepanjang sembilan mil yang dibuat untuk proyek tersebut. banyaknya detail yang harus dibuat untuk membangunnya, membutuhkan sekitar 12 tahun untuk menyelesaikannya.

3. Harganya sangat mahal

Proyek Taj Mahal dikenal dengan dana yang tidak murah. Material banguan didatangkan dari seluruh Asia dan India. Material tersebut antara lain marmer putih dari Makrana, batu mulia dari Cina, pirus dari Tibet, dan lain-lain.

Perkiraan biaya total setelah proyek selesai pada 1653 yaitu sekitar 32 juta rupee. Jika saat ini setara dengan 916 juta dolar.

4. Bangunan simetris

Taj Mahal merupakan bangunan dengan simetris sempurna. Bangunan ini diatur pada simetri bilateral yang membentang di sumbu pusat. Di bawah pimpinan Shah Jahan, bangunan itu dibuat sedemikian rupa sehingga memiliki bentuk simetri yang sempurna.

5. Memiliki hukum pelindung khusus tersendiri

Taj Mahal menjadi bangunan yang sangat berharga bagi pemerintah India. Banyak terjadi ancaman dari berbagai negara lain untuk melakukan serangan terhadap bangunan ini. 
Untuk menjaga dari pencemaran lingkungan, area seluas 4.000 mil persegi didirikan dan dikenal sebagai Zona Taj Trapezium (TTZ).

Daerah ini memiliki standar emisi yang ketat dan keputusan Mahkamah Agung India tahun 1996 melarang penggunaan batu bara di industri yang berlokasi di dalam TTZ.

Beberapa perusahaan di sekitarnya diminta untuk beralih dari batu bara ke gas alam. Jika tidak ingin, diharapkan untuk berpindah lokasi yang jauh dari wilayah TTZ.(sumber: suara.com)  

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami