search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Luhut, Sandiaga Uno Hingga Gubernur BI Borong Produk UMKM NTB
Kamis, 4 Maret 2021, 14:00 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NTB.

Kegiatan pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) bertajuk “Eksotisme Lombok” untuk mendukung gerakan nasional bangga buatan Indonesia memperkenalkan produk UMKM sekaligus bangga berwisata, berlangsung virtual di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah, NTB, Rabu (3/3).

Pembukaan pameran KKI yang dibuka Bank Indonesia (BI) itu disaksikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, serta Menteri Komunikasi, Informatika Johnny G Plate. 

Setelah Lombok, sesi kedua pameran KKI dijadwalkan digelar di Jawa Barat dan sesi ketiga di Labuhan Bajo Nusa Tenggara Timur.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengungkapkan, pameran kali ini mengangkat tema “Eksotisme Lombok” untuk mendorong dan mengenalkan berbagai produk-produk UMKM masyarakat Lombok yang didukung penuh oleh kementerian lembaga.

Tentu pengembangan produk UMKM dengan memanfaatkan inovasi digitalisasi teknologi yang berkembang saat ini. Pameran ini akan digelar selama satu bulan penuh di NTB, sejak 3 – 31 Maret 2021.

“Hari ini adalah milik para UMKM masyarakat NTB. Mari kita mulai beli dan belanja produk-produk hasil karya UMKM masyarakat NTB. Karena kami yakin bahwa UMKM adalah pilar yang sangat penting untuk ekonomi Indonesia,” ungkapnya.

Perry Warjiyo juga memborong produk perhiasan dan kerajinan mutiara yang diproduksi oleh UMKM Indah Mutiara Lombok transaksi langsung.

“Saya juga mengajak para kementerian dan lembaga untuk bersama-sama membeli produk-produk NTB,” ajaknya.

Dia menyampaikan, Provinsi NTB merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang dinilai memiliki kekayaaan akan produk-produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan industri kecil menengah (IKM) yang telah berhasil menembus pasar-pasar nasional maupun intermasional.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Menko Marves, Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan, produk-produk UMKM NTB seperti komoditas kopi dan komoditas pertanian lainnya banyak diminati pasar mancanegara. Ini membuktikan UMKM NTB bergeliat sehingga memerlukan dukungan. 

Menteri Luhut juga berkesempatan membeli kain tenun motif bintang dan bulan, hasil UMKM  Galang Songket Desa Sukarara, Lombok Tengah.

Selain itu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menjelaskan, provinsi NTB bukan hanya akan dikembangkan pembangunan destinasi  pariwisata super prioritas dalam hal ini Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Pihaknya juga akan mendorong dengan memberi harapan produk-produk lokal NTB bisa mendunia.

Bersamaan dengan Menteri lainnya, Sandiaga Uno juga berkesempatan membeli kain tenun ikat produksi UMKM Lombok Timur. Hal yang sama juga dilakukan Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki. Dan Menteri Komunikasi Informatika, Johnny G Plate. 

Usai digelar di NTB, pameran KKI 2021 dijadwalkan akan digelar di Jawa Barat pada April untuk sesi kedua. Kemudian untuk sesi ketiga akan digelar di Labuhan Bajo, Nusa Tenggara Timur Mei 2021 mendatang.

Reporter: bbn/lom



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami