search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Lagi, Pejabat di Tabanan Jadi Korban Kejahatan Siber
Senin, 6 September 2021, 18:35 WITA Follow
image

beritabali/ist/Lagi, Pejabat di Tabanan Jadi Korban Kejahatan Siber.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, TABANAN.

Pejabat di Tabanan kembali menjadi korban kejahatan siber. Kali ini anggota DPRD Tabanan dari Fraksi PDI Perjuangan I Gusti Nyoman Omardani, fotonya digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan. 

Modus pelaku adalah menghubungi calon korban melalui chatting menggunakan aplikasi WhatsApp (WA) dengan foto profil I Gusti Nyoman Omardani. Tak ingin ada korban, politisi asal Pupuan ini melaporkan ke Polres Tabanan pada Senin (6/9).

Omardani saat dikonfirmasi mengatakan, pelaku menggunakan nomor WhatsApp 087897300913 dilengkapi dengan foto dirinya yang kemungkinan oleh pelaku diambil dari media sosial Facebook.

Pada Minggu (5/9) siang, Omardani sempat dikonfirmasi oleh seorang rekannya bernama I Nyoman Wintara yang juga mengirimkan screenshoot/tangkapan layar percakapannya dengan seseorang menggunakan nama Purnama Belimbing dengan nomor whatsapp di atas dan menggunakan foto profil Gusti Omardani. 

Dalam percakapan tersebut pelaku menawarkan lelangan kendaraan berupa mobil dan sepeda motor dengan bunga 0 persen dan pembayaran bisa melalui kredit. 

“Langsung saya jawab kalau itu bukan nomor milik saya, namun lama-lama banyak juga rekan lainnya yang mengonfirmasi baik melalui FB ataupun WA menanyakan perihal yang sama,” terangnya.

Kecurigaan sejumlah rekannya ini, dikatakan Omardani kemungkinan gaya bahasa atau komunikasi yang ada pada percakapan di Whatsapp sangat berbeda dengan gaya bahasa tertentu (keakraban) yang kerap digunakannya. 

“Temen-teman yang sering WA sudah hafal dengan gaya bahasa saya, jadi mereka curiga dan langsung konfirmasi ke saya,” ujarnya. Ia mengimbau masyarakat agar tidak melayani pihak yang mengaku-ngaku dan seolah-olah melelang kendaraan dengan mencatut namanya. Dan lebih berhati-hati serta kroscek kembali kebenarannya sebelum mengambil keputusan.

Karena bagi Omardani ini merupakan pengalaman keduanya, dimana sebelumnya nomor teleponnya juga sempat dihack, lantaran ingin berbuat baik dari modus pelaku yang minta tolong lantaran salah kirim link paket.

Sebelumnya Ketua KPU Tabanan I Putu Gede Weda Subawa juga mengalami hal serupa. Fotonya di media sosial Facebook digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan menghubungi teman-temannya yang sempat diajak bercakap-cakap di halaman Facebook.

Reporter: bbn/tab



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami