search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Variasi Pola Tanam Padi, Petani di Negara Tanam Bunga Gumitir
Sabtu, 13 November 2021, 16:55 WITA Follow
image

beritabali/ist/Variasi Pola Tanam Padi, Petani di Negara Tanam Bunga Gumitir.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, JEMBRANA.

Ni Putu Iwansari, petani tanaman bunga gumitir di Lingkungan Lelatang Terusan, Kelurahan Lelateng, Kecamatan Negara, Jembrana. 

Selain sebagai petani bunga gumitir atau biasa disebut Bunga Marigold (tegestes Erecta), ia juga menanam lombok, terong dan ketimun. 

Ni Putu Iwansari menjelaskan sistem penanamannya menggunakan media pupuk padi (poska dan set A) yang dilakukan jenis perabukan sedikit yakni dengan frekuensi seminggu hanya 1 kali. Ia menyebut masa panen yang bagus untuk bunga gumitir berjarak 50 hari. 

"Bunga gumitir ada yang mengambil baik dijual di pasar, di rumah bahkan ke pelanggan. Memanfaatkan pengairan irigasi sawah yang ada di sekitar pematang sawah.

Luas petak sawah hanya 7 are bahkan sangat unik di utara, barat, timur, malah ditanam padi. Menanam gumitir ini kurang lebih 2 Minggu dan akan dicabut untuk diganti dengan pola tanam padi," jelasnya. 

Ia pun menambahkan, sebagai petani ikut juga dalam subak, hal ini tetap lestari di Bali. Untuk pupuk tetap membeli dan juga obat semprot sebagai sarana penghilang hama ulat. Yang perlu diperhatikan, menurutnya adalah setiap hari adalah menghilangkan rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman bunga tersebut.

"Harapan semoga pandemi segera berakhir karena dampak sebagai petani sangat dirasakan sebagai penanam bunga gumitir. Sehingga sektor perekonomian bisa kembali normal," ungkapnya.

Ni Putu Iwansari mengakhiri kisahnya, tak harus jadi petani dengan memiliki lahan yang luas, akan tetapi manfaatkan ruang pekarangan atau halaman rumah dengan menanam hijau. Bahkan, kata dia, bisa menggunakan media polibag itu lebih bagus dengan kondisi tanah yang subur dan manfaatkan sebaik mungkin.

Reporter: bbn/jbr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami