search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Seorang Ibu Jualan Kerupuk Demi Nafkahi 13 Anak
Selasa, 7 Desember 2021, 13:15 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/Seorang Ibu Jualan Kerupuk Demi Nafkahi 13 Anak

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Perjuangan seorang ibu yang berjualan kerupuk di jalan menjadi viral. Ia bercerita harus berjualan setiap hari demi menghidupi 13 anaknya.

Kisah ini dibagikan oleh akun TikTok @cleorabeauty.id. Hingga berita ini dipublikasikan, cerita ini telah disaksikan sedikitnya 2,4 juta kali dan mendapatkan 220 ribu tanda suka.

"1 ibu bisa mengurus 13 anak hanya dengan menjual kerupuk," tulis akun ini sebagai keterangan TikTok.

Dalam video, terlihat seorang ibu sedang berjualan kerupuk di depan ATM. Ia menggendong anaknya yang masih bayi dan membawa anak-anak lainnya yang masih kecil untuk berjualan.

"Masih ingat ibu penjual kerupuk yang punya anak 13? Kita ajak ibu happu hari ini," lanjut akun tersebut.

Seorang cewek yang melihat ibu itu berjualan berniat mentraktirnya. Ia awalnya bertanya-tanya mengenai kehidupan sehari-hari ibu tersebut.

"Ibu, ini anak ke berapa ibu? Tetep jualan ya bu kalau hujan?" tanya sang cewek.

"Ini (anak) yang ke 13. (Kalau hujan) tetap jualan, kalau libur ya libur makan," jawab ibu itu.

Sang cewek pun bertanya kepada ibu itu apakah sudah makan. Ia juga mengajak ibu itu untuk pergi beli makan. Namun, sang ibu mengakui sudah makan.

"Ibunya sudah makan belum?" tanya cewek ini.

"Udah," jawab ibu tersebut.

Namun, cewek ini tidak percaya dan terus bertanya. Ia juga mengatakan akan membelikan ibu itu makan.

"Yang betul, ibu udah makan belum?" desak cewek ini.

Sang ibu sendiri mengatakan dirinya tidak pernah makan di luar. Ia terus menolak dengan sopan saat akan diajak makan di sebuah restoran.

"Ibu mah gak pernah makan di luar. Enggak, enggak," kata ibu itu.

Tetapi, cewek itu terus mendesak sampai akhirnya sang ibu setuju. Ibu itu kemudian membawa bayi dan anak-anaknya serta dagangan ke tempat makan.

Dalam perjalanan, cewek ini dibuat terkejut dengan perjuangan ibu itu saat berjalan. Ia tampak pincang karena kakinya sakit. Usut punya usut, sang ibu memiliki riwayat pembengkakan jantung

"Kita ajak ibu makan, ternyata saat jalan, kaki ibu kesakitan karena punya riwayat pembengkakan jantung," lanjut akun ini.

Sang cewek lantas membelikan ibu dan anak-anaknya nasi ayam di sebuah restoran cepat saji. Mereka semua makan dengan lahap dan bahagia.

Belum selesai makan, tiba-tiba ibu itu membungkus ayamnya yang tinggal sedikit. Ia rupanya tidak tega memakan semuanya karena teringat anak-anak di rumah belum makan.

Karena itu, sang ibu menyisakan sedikit potongan ayam untuk anaknya. Cewek itu sendiri terus memaksa ibu itu untuk makan dan berjanji akan membelikan membungkuskan untuk anak di rumah.

Tetapi, ibu itu dengan sopan menolak dan mengatakan potongan ayam sisanya sudah cukup.

"Dibungkus aja lah. Enggak, buat anak ibu. Ini udah, udah cukup," kata sang ibu.

Selesai makan, sang cewek mengomentari kulit bayi ibu itu yang terbakar. Sang ibu pun mengakui dirinya tidak bisa membelikan minyak ataupun bedak untuk bayinya.

"Gak pernah pakai minyak telon, minyak kayu putih, talek," jelas ibu ini.

Terakhir, cewek dan ibu 13 anak ini pun berpisah. Sebelum pergi, cewek ini memberikan sejumlah uang tunai kepada sang ibu yang langsung menangis.

Momen mengharukan itu langsung dibanjiri komentar warganet. Mereka menuliskan beragam doa sampai ikut menangis melihat perjuangan ibu 13 anak tersebut.

"Ya Allah, anaknya 13. Sehat selalu buk," doa warganet.

"Open donasi yuk kak, bisa yuk bantu, insyaallah pahala ngalir terus. Kasihan lihat adeknya kalau kedinginan gak pernah pakai minyak telon," ajak warganet.

"Semoga anak-anaknya bisa mengangkat derajat kedua orang tuanya," harap warganet.

"Pliss yaallah, nangis kejer," sahut warganet.

"Aku yakin suatu hari nanti, anak ibu penjual kerupuk ini bakalan sukses dunia dan akhirat," tambah yang lain.

"Ibunya juga bukan tipe yang barbar pengen uang dan pengen dibantu. Diajak makan aja dia malah nolak, ya ampun rendah hati banget ibunya," puji warganet.(sumber: suara.com)

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami