search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
3 Sektor Bisnis di Bali Ini Menggeliat Saat Lebaran
Rabu, 11 Mei 2022, 10:20 WITA Follow
image

beritabali/ist/3 Sektor Bisnis di Bali Ini Menggeliat Saat Lebaran.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Selama masa Lebaran, 3 sektor bisnis yakni supermarket, busana dan elektronik mengalami peningkatan belanja pada momentum awal Mei 2022, meningkat dibandingkan awal bulan yang sama tahun 2021 lalu.

Demikian dijelaskan Regional CEO Bank Mandiri Region XI Bali dan Nusa Tenggara, Hendra Wahyudi dalam jumpa pers serangkaian peluncuran Digital Box, Selasa 10 Mei 2022. 

"Peningkatan transaksi di Bulan April sampai awal Mei dibanding bulan yang sama tahun 2021 pada tiga sektor bisnis," ungkapnya.

Yakni pembelanjaan di Supermarket (15,7%; yang sebelumnya 13,8%), Fashion (12,0%; sebelumnya 9,5%), dan Electronics (8,7%; sebelumnya 8,0%). 

Sedangkan untuk proporsi kelompok belanja terbesar yang mengalami penurunan dibandingkan awal bulan yang sama tahun sebelumnya terdapat pada Restaurants (15,1%, sebelumnya 15,9%), Household (10,8% yang sebelumnya 17,1%), dan Medical (8,0%; di mana sebelumnya 11,0%).

"Untuk indeks nilai belanja, kenaikan indeks belanja selama Ramadan di Bali & Nusa Tenggara yang terjadi saat ini tidak terjadi pada dua Ramadan sebelumnya 2020 dan 2021," ujarnya yang saat itu dijumpai di Menara Mandiri, Jl. Surapati, Denpasar. 

Hal ini mengindikasikan tingginya kunjungan masyarakat dari luar Bali & Nusa Tenggara ke wilayah tersebut menjelang libur Lebaran kali ini dengan top 3 Indeks pada Gasolines, Retail, dan Department Store. 

Hendra menerangkan, transaksi yang cenderung naik itu telah dirasakan sejak April lalu yang jumlahnya melampaui secara year on year pada tahun 2021 lalu. 

Kecenderungan ini menurutnya menandakan bahwa kunjungan wisatawan domestik ke Bali sangat berpengaruh bagi transaksi di Bali. 

Dalam rangka memudahkan transaksi untuk mendukung memulihkan ekonomi Bali, pihaknya menghadirkan pelayanan secara digital salah satunya melalui Smart Branch yang merupakan transformasi cabang layanan digital.

Yang pertama, layanan dalam bentuk Digital Box untuk nasabah dengan tingkat adopsi digital tinggi dan membutuhkan layanan transaksi yang simple dan cepat (self-service). 

Layanan yang kedua adalah Hybrid Branch yang diperuntukkan untuk nasabah dengan adopsi digital tinggi namun layanan yang dibutuhkan cukup kompleks. 

Sedangkan yang ketiga adalah Upgrade Branch bagi nasabah yang baru mengakses digital. Untuk tahun 2022 menjadi Smart Branch direncanakan berjumlah 23 Cabang dan 2 Digital Box, terdiri dari 19 Hybrid Branch, 4 cabang Upgrade Branch, dan 2 Digital Box yang terletak di Menara Mandiri Surapati Denpasar dan di Arrival Domestic - Bandara Ngurah Rai

Reporter: bbn/dps



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami